Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS BHS JAWA SD KELAS VI /Semester I, 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : Sekolah Dasar
Kelas/Semester      : VI/Ganjil
Mata Pelajaran        : Basa Jawa

Standar Kompetensi:
1.  Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana, cakapan, dongeng, geguritan, tembang dalam berbagai ragam bahasa.
2.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan memerhatikan berbagai ragam bahasa dan unggah-ungguh basa yang sesuai.
3.  Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan menggunakan teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4.  Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan kaidah penulisan dan unggah-ungguh yang sesuai.
5.  Mampu mengapresiasi susastra Jawa.

Kompetensi Dasar:
1.1 Mendengarkan dan memahami percakapan tentang kegiatan di lingkungan keluarga.
2.1 Menceritakan hasil pengamatan dengan bahasa yang komunikatif dan runtut.
3.1 Membaca pemahaman.
4.1 Menulis naskah pidato atau sambutan yang berisi ajakan atau persuasi.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa, misal: cerita wayang, naskah drama, geguritan, dan sebagainya.

Indikator:
·      Siswa mampu mendengarkan dan memahami percakapan.
·      Siswa mampu menceritakan hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut.
·      Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan.
·      Siswa mampu menulis naskah pidato atau sambutan.
·      Siswa mampu mengapresiasi cerita wayang.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Menyimpulkan isi dari sebuah dialog.
2.    Membuat laporan hasil penelitian.
3.    Menjelaskan kata-kata sukar dari sebuah wacana.
4.    Memperagakan pidato dengan benar.
5.    Mengidentifikasi gambar tokoh-tokoh wayang.

B.   Materi Pembelajaran
·     Nyemak
·     Micara
·     Maca
·     Nulis
·     Apresiasi Sastra

C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan tentang cara menyimak dan memahami percakapan, menceritakan hasil pengamatan, membaca pemahaman, menulis naskah pidato, mengapresiasi cerita wayang.
2.   Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3.   Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4.   Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5.   Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.   Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3.   Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Basa Jawa SD Kelas VI.
2.   Referensi lain yang relevan.

F.   Penilaian Hasil Belajar
A.  Uji Tertulis
Bentuk instrumen   :   Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal           :   Apa karepe Ibune Galih nyeluk Galih?
B.  Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal           :   Gawe lapuran asil panaliten kang isine babagan swasana terminal bis ing dina prei sekolah, tuladhane dina Minggu! Tulisen kanthi tumata ing kertas folio, banjur asile aturna marang gurumu!



        Mengetahui,
      Kepala Sekolah



__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                                        Guru Kelas



                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar