| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar Kelas/Semester : VI/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana, cakapan, dongeng, geguritan, tembang dalam berbagai ragam bahasa.
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan memerhatikan berbagai ragam bahasa dan unggah-ungguh basa yang sesuai.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan menggunakan teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan kaidah penulisan dan unggah-ungguh yang sesuai.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.2 Mendengarkan pembacaan pidato, sambutan.
2.2 Menyampaikan pesan atau informasi yang diperoleh dari narasumber.
3.3 Membaca bersuara.
4.2 Meringkas bacaan.
5.2 Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng.
Indikator:
· Siswa mampu mendengarkan pembacaan pidato.
· Siswa mampu menyampaikan pesan atau informasi.
· Siswa mampu membaca dan menulis aksara Jawa.
· Siswa mampu meringkas bacaan.
· Siswa mampu mengapresiasi dongeng.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menulis pidato tentang manfaat berolahraga.
2. Melaporkan hasil wawancara dengan benar.
3. Membaca tulisan Jawa.
4. Meringkas bacaan dengan benar.
5. Membuat kliping yang berisi dongeng-dongeng Jawa.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara menyimak dan memahami isi pidato, menyampaikan pesan atau informasi, membaca bersuara, meringkas bacaan, mengapresiasi cerita rakyat.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa SD Kelas VI.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Aksara Jawa sing tanpa sandhangan diarani ….
a. legenda c. dentawyanjana
b. legena d. dentawyanjina
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal :

| Tema Subtema Kelas/Semester | : Olahraga : Nulis : VI/I | Jeneng Tanggal Wektu | : …………………... : …………………... : …………………... |
1. Masalah : Olahraga apa sing paling koksenengi?
2. Wangsulan sawetara : ……………………………………………………………………
3. Parentah : Terangna babagan sing magepokan karo olahraga kang koksenengi!
4. Pituduh : a. Tulisen olahraga sing paling koksenengi!
b. Tulisen uga sababe kowe seneng olahraga mau!
c. Sebutna wektu anggonmu nindakake olahraga!
d. Aranana paedahe olahraga kuwi kanggo awakmu!
e. Tulisen lapurane nganggo basa krama alus!
5. Ajang gladhen :
| Wangsulan |
| ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. |
| Dudutan/simpulan: ……………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
| Skor | Aspek kang Dibiji | Biji | Biji Akir | Tepak Asma | |
| Guru | Tiyang Sepuh | ||||
| A : 8,5 - 10 B : 7,5 – 8,4 C : 6,5 – 7,4 D : 0 – 6,4 | 1. Wangsulan kang diandharake 2. Tata basa lan ukarane 3. Pilihan tembung 4. Runtuting tulisan | …….... …….... …….... …….... | ……… | …………. | ………… |
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar