| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : III/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
2. Mampu memahami cerita, puisi, dan drama serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa: cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan, dan tembang macapat.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mendengarkan cerita teman.
2.1 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu.
3.1 Membaca pemahaman.
4.2 Meringkas bacaan narasi atau cerita sederhana.
5.1 Mengapresiasi cerita atau dongeng.
Indikator:
· Siswa mampu mendengarkan dan memahami cerita teman.
· Siswa mampu menjelaskan cara membuat alat permainan.
· Siswa mampu memahami isi tembang macapat.
· Siswa mampu meringkas bacaan narasi.
· Siswa mampu mengapresiasi dongeng.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menyimak cerita yang disampaikan teman.
2. Menjelaskan urutan membuat mainan (kitiran, terjun payung).
3. Membaca dan memahami isi tembang.
4. Meringkas bacaan.
5. Mengetahui isi dongeng.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara mendengarkan dan memahami cerita teman, menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu, membaca pemahaman, meringkas bacaan narasi, mengapresiasi cerita atau dongeng.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa SD Kelas III.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Apa wae bahan kanggo gawe terjun payung?
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal : Critakna jinis hiburan sing wis tau koktonton! Wenehana alesan anggonmu nonton hiburan kasebut!
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar