RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : V/Ganjil Mata Pelajaran : Penjasorkes |
Standar Kompetensi:
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mempraktikkan gerak dasar dalam modifikasi permainan bola kecil serta nilai kerja sama tim, sportivitas, dan kejujuran.
1.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam permainan bola besar, serta nilai kerja sama, sportvitas, dan kejujuran.
1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik, serta nilai kerja sama, sportivitas, percaya diri, dan kejujuran.
Indikator:
1. Siswa mempraktikkan teknik dasar permainan kasti.
2. Siswa mempraktikkan teknik dasar permainan sepak bola.
3. Siswa mempraktikkan teknik dasar lari estafet .
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Melakukan teknik dasar permainan kasti.
2. Melakukan teknik dasar permainan sepak bola beserta gerakannya dengan baik dan benar.
3. Melakukan teknik dasar lari estafet beserta gerakannya dengan baik dan benar.
B. Materi Pembelajaran
1. Permainan Kasti.
2. Permainan epak bola
3. Teknik dasar lari estafet.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru memberikan pre-test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
b. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan dipraktikkan.
II. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan berbagai teknik dasar permainan kasti, sepak bola, dan lari estafet beserta peragaan geraknya.
b. Siswa mempraktikkan teknik-teknik dasar permainan dan olahraga yang diajarkan oleh guru.
III. Kegiatan Penutup
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
b. Guru memberikan post-test untuk mengetahui daya serap materi.
c. Guru memberikan tugas pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Penjasorkes SD Kelas V
2. Referensi lain yang relevan.
3. Alat-alat praktik: lapangan dan perlengakapan permainan kasti, lapangan dan perlengkapan permainan sepak bola, lintasan lari dan perlengakapan lari estafet.
F. Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan ganda, isian,dan uraian.
Contoh soal:
Apakah yang dimaksud dengan run pada permainan kasti?
Uji Praktik
Contoh soal:
1. Praktikkan permainan sepak bola bersama teman sekelasmu!
2. Catatlah peristiwa-peristiwa penting yang terjadi selam permainan sepak bola dan diskusikan bersama kelompokmu peristiwa-peristiwa tersebut!
3. Buatlah analisis tentang pertandingan tersebut dan laporkan hasilnya pada gurumu!
Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., ………………...…… Guru Mata Pelajaran _______________________ NIP |
0 Komentar