RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mapel : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 3 x 45 Menit
Hari / Tanggal :
A. Standar Kompetensi : Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
B. Kompetensi Dasar : Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
Menerangkan secara sederhana tentang Pengertian Pengolah Kata (Ms. Word)
Membuka Program Pengolah Kata (Ms. Word)
D. Indikator :
Menerangkan Pengertian Pengolah Kata (Ms. Word)
Membuka Program Pengolah Kata (Ms. Word)
E. Materi Pokok :
Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
Cara Membuka Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
F. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
1.1. Guru mengatur kelas
1.2. Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
1.3. Guru mengabsen siswa
1.4. Apersepsi, memotivasi siswa
1.5. Mengemukakan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
2.1. Guru menjelaskan dan menuliskan contoh program - program dalam komputer
2.2. Siswa mendengarkan dan mencatat
2.3. Guru menjelaskan Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
2.4. Siswa mendengarkan, mencatat dan bertanya
2.5. Guru menjelaskan dan medemonstrasikan Cara - cara Membuka Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
2.6. Siswa mendengarkan dan memperagakan
2.7. Guru mengamati dan membenarkan kerja siswa jika belum benar
2.8. Guru menanyakan kesulitan siswa dalam membuka program Ms. Word
2.9. Guru menghentikan dibeberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dalam teknik tersebut
3. Kegiatan Akhir :
3.1. Guru menyimpulkan isi materi
3.2. Guru mengakhiri dan menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Sumber, alat dan bahan :
a) Buku pegangan guru
b) Unit komputer
c) Kertas kerja
I. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Menjawab soal-soal dari guru dalam bentuk tertulis maupun lisan
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
1) Lisan
2) Pilihan ganda / Multiple Choise
3) Essay
Soal Evaluasi
I. Berilah tanda silang pada pilihan a, b, c atau d yang anda anggap benar !
Penemu komputer pertama dari Inggris adalah ……
a. William babage b. Ronald Comp c. Charles Babage d. Robert William
Pada mulanya computer hanya digunakan sebagai alat …..
a. hitung b. tulis c. menggambar d. membaca
Simbol atau lambang pada shortcut Ms. Word adalah……
a. X b. W c. P d. M
Langkah untuk membuka program Ms. Word adalah…
a. klik Start à Program à Microsoft Word
b. klik Start à Shut Down à Microsoft Word
c. klik Start à Restart à OK
d. klik Start à Explore
Langkah untuk keluar dari program Ms. Word adalah…
a. klik Start à Program à Microsoft Word
b. klik file à Page Setup
c. klik Save à OK
d. klik Close
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
Microsoft Word adalah salah satu program computer yang biasa digunakan untuk…..
Cara membuka program Ms. Word adalah…..
Start artinya………
Close artinya……..
Exit artinya………
Kunci Jawaban Pilian ganda:
1. c
2. a
3. b
4. a
5. d
Kunci Jawaban Essay :
1. mengolah kata
2. Start à All Program à Microsoft Office à Ms. Word
3. Mulai
4. Tutup
5. Keluar
Kartasura,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mapel : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 3 x 45 Menit
Hari / Tanggal :
A. Standar Kompetensi : Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
B. Kompetensi Dasar : Toolbar-Toolbar Pada Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
C. Tujuan Pembelajaran : Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
1. Menerangkan secara sederhana tentang Pengertian Toolbar dan Icon
2. Menyebutkan macam – macam toolbar pada Ms. Word
D. Indikator :
Menerangkan Pengertian Toolbar dan Icon
Menyebutkan macam – macam toolbar pada Ms. Word
E. Materi Pokok :
Pengertian Toolbar dan Icon
Macam – macam toolbar pada Ms. Word
F. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
4. Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
(a) Guru mengatur kelas
(b) Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
(c) Guru mengabsen siswa
(d) Apersepsi, memotivasi siswa
(e) Mengemukakan tujuan pembelajaran
3. Kegiatan Inti
a) Guru menjelaskan dan menuliskan pengertian toolbar
b) Siswa mendengarkan dan mencatat
c) Guru menjelaskan macam-macam toolbar pada Pengolah Kata (Ms. Word)
d) Siswa mendengarkan, mencatat dan bertanya
e) Guru menunjukkan toolbar – toolbar pada Ms. Word
f) Siswa mendengarkan dan memperagakan
g) Guru mengamati dan membenarkan kerja siswa jika belum benar
h) Guru menanyakan kesulitan siswa dalam menunjukkan toolbar pada program Ms. Word
i) Guru menghentikan dibeberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dalam teknik tersebut
3. Kegiatan Akhir :
a) Guru menyimpulkan isi materi
b) Guru mengakhiri dan menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Sumber, alat dan bahan :
Buku pegangan guru
Unit komputer
Kertas kerja
I. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Menjawab soal-soal dari guru dalam bentuk tertulis maupun lisan
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
1) Lisan
2) Pilihan ganda / Multiple Choise
3) Essay
Soal Evaluasi
I. Berilah tanda silang pada pilihan a, b, c atau d yang anda anggap benar !
Deretan perintah berupa gambar dan tulisan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda disebut…..
a. Icon
b. Toolbar
c. Menu
d. Daftar
Dibawah ini yang bukan termasuk nama toolbar pada Ms. Word adalah….
a. Menu
b. Formating
c. Standard
d. Start
Perintah berupa tulisan atau gambar – gambar kecil yang berderet pada toolbar disebut….. …….
e. Icon
f. Toolbar
g. Menu
h. Daftar
Cara untuk memunculkan toolbar jika diperlukan adalah dengan cara……..
i. View à Toolbars
j. Insert à Toolbars
k. Format à Toolbars
l. Tools à Toolbars
Cara menghilangkan atau menyembunyikan toolbars adalah ….
m. View à Toolbars
n. Insert à Toolbars
o. Format à Toolbars
p. Tools à Toolbars
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
Toolbar adalah …………………
Icon adalah ………………..
Sebutkan macam-macam Toolbar yang kamu ketahui!
Berikan 3 contoh Icon yang kamu ketahui!
Cara memunculkan toolbar adalah……………….
Kunci Jawaban Pilihan ganda:
b
d
a
a
a
Kunci jawaban essay:
1. Deretan perintah berupa gambar dan tulisan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.
2. Perintah yang dilambangkan gambar maupun tulisan.
3. Toolbar standard, formatting, drawing.
4. Copy, Paste,Save.
5. View à Toolbars à Pilih Nama Toolbar.
Kartasura,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mapel : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 4 x 45 Menit
Hari / Tanggal :
A. Standar Kompetensi : Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
B. Kompetensi Dasar : Menu Toolbar dan bagian-bagiannya
C. Tujuan Pembelajaran : Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
Menerangkan secara sederhana tentang Toolbar Menu dan Submenu
Menyebutkan macam – macam submenu pada Menu Toolbar
D. Indikator :
Menerangkan tentang Menu Toolbar dan bagian - bagiannya
Menyebutkan macam – macam submenu pada Menu Toolbar
E. Materi Pokok :
Menerangkan tentang Menu Toolbar dan bagian - bagiannya
Menyebutkan macam – macam submenu pada Menu Toolbar
F. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
a) Guru mengatur kelas
b) Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
c) Guru mengabsen siswa
d) Apersepsi, memotivasi siswa
e) Mengemukakan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
a) Guru menjelaskan dan menuliskan bagian – bagian Menu toolbar
b) Siswa mendengarkan dan mencatat
c) Guru menunjukkan toolbar Menu dan bagian-bagiannya
d) Siswa mendengarkan dan memperagakan
e) Guru mengamati dan membenarkan kerja siswa jika belum benar
f) Guru menanyakan kesulitan siswa dalam menunjukkan toolbar Menu dan Submenunya
g) Guru menghentikan dibeberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dalam teknik tersebut
3. Kegiatan Akhir :
a) Guru menyimpulkan isi materi
b) Guru mengakhiri dan menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Sumber, alat dan bahan :
Buku pegangan guru
Unit komputer
Kertas kerja
I. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Menjawab soal-soal dari guru dalam bentuk tertulis maupun lisan
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
Lisan
Pilihan ganda / Multiple Choise
Essay
Soal Evaluasi
I. Berilah tanda silang pada pilihan a, b, c atau d yang anda anggap benar !
Deretan perintah tulisan yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda hanya terdapat pada toolbar ……
Standar
Formating
Menu
Drawing
Dibawah ini yang bukan termasuk Submenu pada toolbar Menu adalah….
Help
Windows
Open
File
Jumlah Perintah berupa tulisan pada toolbar Menu adalah…..…….
6
7
8
9
Insert artinya adalah……..
Membuka
Menutup
Menambahkan/menyisipkan
menghapus
Windows artinya adalah ….
Jendela
Menutup
Menambahkan/menyisipkan
menghapus
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
File artinya adalah …………………
Table artinya adalah ………………..
Help artinya adalah…………
Berikan 5 contoh Submenu pada Menu toolbar yang kamu ketahui!
Edit artinya adalah……..
Kunci Jawaban Pilian ganda:
c
c
d
c
a
Kunci jawaban essay:
Dokumen
Tabel
Pertolongan
File, Edit, View, Insert, Format
Pengaturan
Kartasura,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mapel : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 4 x 45 Menit
Hari / Tanggal :
A. Standar Kompetensi : Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
B. Kompetensi Dasar : Standar Toolbar dan bagian-bagiannya
C. Tujuan Pembelajaran : Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
Menerangkan secara sederhana tentangToolbar Standar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada Standar Toolbar
D. Indikator :
Menerangkan Toolbar Standar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan Fungsi macam – macam Icon pada Standar Toolbar
E. Materi Pokok :
Toolbar Standar dan bagian-bagiannya
Nama - nama dan Fungsi macam – macam Icon pada Standar Toolbar
F. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
a) Guru mengatur kelas
b) Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
c) Guru mengabsen siswa
d) Apersepsi, memotivasi siswa
e) Mengemukakan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
a) Guru menjelaskan dan menuliskan bagian – bagian Standar toolbar
b) Siswa mendengarkan dan mencatat
c) Guru menunjukkan toolbar Standar dan bagian-bagiannya
d) Siswa mendengarkan dan memperagakan
e) Guru mengamati dan membenarkan kerja siswa jika belum benar
f) Guru menanyakan kesulitan siswa dalam menunjukkan toolbar standard an icon-iconnya
g) Guru menghentikan dibeberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dalam teknik tersebut
3. Kegiatan Akhir :
a) Guru menyimpulkan isi materi
b) Guru mengakhiri dan menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Sumber, alat dan bahan :
Buku pegangan guru
Unit komputer
Kertas kerja
I. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Menjawab soal-soal dari guru dalam bentuk tertulis maupun lisan
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
Lisan
Pilihan ganda / Multiple Choise
Essay
Soal Evaluasi
I. Berilah tanda silang pada pilihan a, b, c atau d yang anda anggap benar !
New, save, open, print adalah icon-icon pada toolbar ……
Standar
Formating
Menu
Drawing
Dibawah ini yang termasuk Icon pada toolbar standar adalah….
Bold
Italic
Undo
Numbering
Save artinya adalah……..
a. Buka
b. Simpan
c. Mengulang
d. Menghapus
Cut artinya adalah……..
a. Buka
b. Simpan
c. Memotong
d. Menghapus
Print artinya adalah ….
alat
Menutup
Mengulang
mencetak
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
Print Preview artinya adalah …………………
Table artinya adalah ………………..
Colum artinya adalah…………
Zoom artinya adalah………..
Undo artinya adalah……..
Kunci Jawaban Pilian ganda:
a
c
b
c
d
Kunci jawaban essay:
Tampilan cetakan
Tabel
kolom
Memperbesar/memperkecil tampilan
Mengulang
Kartasura,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mapel : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 4 x 45 Menit
Hari / Tanggal :
A. Standar Kompetensi : Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
B. Kompetensi Dasar : Formating Toolbar dan bagian-bagiannya
C. Tujuan Pembelajaran : Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
Menerangkan secara sederhana tentang formatting toolbar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada formating Toolbar
D. Indikator :
Menerangkan secara sederhana tentang formating toolbar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada formating Toolbar
E. Materi Pokok :
Menerangkan secara sederhana tentang formating toolbar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada formating Toolbar
F. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
b) Guru mengatur kelas
c) Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
d) Guru mengabsen siswa
e) Apersepsi, memotivasi siswa
f) Mengemukakan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a) Guru menjelaskan dan menuliskan bagian – bagian formating toolbar
b) Siswa mendengarkan dan mencatat
c) Guru menunjukkan toolbar formating dan bagian-bagiannya
d) Siswa mendengarkan dan memperagakan
e) Guru mengamati dan membenarkan kerja siswa jika belum benar
f) Guru menanyakan kesulitan siswa dalam menunjukkan toolbar Formating dan Icon-iconnya
g) Guru menghentikan dibeberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dalam teknik tersebut
3. Kegiatan Akhir :
a) Guru menyimpulkan isi materi
b) Guru mengakhiri dan menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Sumber, alat dan bahan :
Buku pegangan guru
Unit komputer
Kertas kerja
I. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Menjawab soal-soal dari guru dalam bentuk tertulis maupun lisan
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
Lisan
Pilihan ganda / Multiple Choise
Essay
Soal Evaluasi
I. Berilah tanda silang pada pilihan a, b, c atau d yang anda anggap benar !
Font, Font size, Bold, Italic adalah icon-icon pada toolbar ……
Standar
Formating
Menu
Drawing
Dibawah ini yang bukan termasuk Icon pada toolbar formating adalah….
Bold
Italic
Undo
Numbering
Align Left, Align Right, Center dan Justify adalah icon-icon pada toolbar ……
Standar
Formating
Menu
Drawing
Dibawah ini perintah yang tepat untuk memberikan efek tulisan tebal adalah….
Bold
Italic
Undo
Numbering
Dibawah ini perintah yang tepat untuk memberikan efek tulisan miring adalah….
Bold
Italic
Undo
Numbering
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
Align Left artinya adalah …………………
Align Right artinya adalah ………………..
Center artinya adalah…………
Justify artinya adalah………..
Font artinya adalah……..
Kunci Jawaban Pilihan ganda:
b
c
b
a
b
Kunci jawaban essay:
Rata kiri
Rata kanan
Rata tengah
Rata kanan dan kiri
Huruf
Kartasura,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mapel : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 4 x 45 Menit
Hari / Tanggal :
A. Standar Kompetensi : Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word)
B. Kompetensi Dasar : Drawing Toolbar dan bagian-bagiannya
C. Tujuan Pembelajaran : Setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu :
Menerangkan secara sederhana tentang drawing toolbar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada drawing Toolbar
D. Indikator :
Menerangkan secara sederhana tentang drawing toolbar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada drawing Toolbar
E. Materi Pokok :
Menerangkan secara sederhana tentang drawing toolbar dan bagian-bagiannya
Menyebutkan nama dan fungsi macam – macam Icon pada drawing Toolbar
F. Metode Pembelajaran :
Ceramah
Tanya Jawab
Demonstrasi
Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
a) Guru mengatur kelas
b) Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
c) Guru mengabsen siswa
d) Apersepsi, memotivasi siswa
e) Mengemukakan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a) Guru menjelaskan dan menuliskan bagian – bagian drawing toolbar
b) Siswa mendengarkan dan mencatat
c) Guru menunjukkan toolbar drawing dan bagian-bagiannya
d) Siswa mendengarkan dan memperagakan
e) Guru mengamati dan membenarkan kerja siswa jika belum benar
f) Guru menanyakan kesulitan siswa dalam menunjukkan toolbar drawing dan Icon-iconnya
g) Guru menghentikan dibeberapa tempat untuk menekankan poin-poin tertentu kemudian guru memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dalam teknik tersebut
3. Kegiatan Akhir :
a) Guru menyimpulkan isi materi
b) Guru mengakhiri dan menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Sumber, alat dan bahan :
Buku pegangan guru
Unit komputer
Kertas kerja
I. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Menjawab soal-soal dari guru dalam bentuk tertulis maupun lisan
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
Lisan
Pilihan ganda / Multiple Choise
Essay
Soal Evaluasi
I. Berilah tanda silang pada pilihan a, b, c atau d yang anda anggap benar !
Autoshapes adalah icon-icon pada toolbar ……
Standar
Formating
Menu
Drawing
Dibawah ini yang bukan termasuk Icon pada toolbar drawing adalah….
line
arrow
bold
oval
Rectangle,word art dan font color adalah icon-icon pada toolbar ……
Standar
Formating
Menu
Drawing
Dibawah ini perintah yang tepat untuk membuat garis adalah….
line
arrow
bold
oval
Dibawah ini perintah yang tepat untuk memberikan efek tulisan merah adalah….
a. Font Color (Blue)
b. Font Color (Green)
c. Font Color (Yellow)
d. Font Color (Red)
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!
Line artinya adalah …………………
Arrow artinya adalah ………………..
Rectangle artinya adalah…………
Font Color artinya adalah………..
Word Art artinya adalah……..
Kunci Jawaban Pilihan ganda:
d
c
d
a
d
Kunci jawaban essay:
Garis
Garis panah
kotak
warna tulisan
tulisan indah
Kartasura,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
NIP. NIP.
0 Komentar