Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Prinsip cara kerja komputer
Kompetensi Dasar : Input Dokumen
Indikator :
Mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input
Menggunakan perangkat input komputer
Mendemonstrasikan input data ke komputer
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai input data dan dapat menggunakannya untuk input data
Materi Ajar (Materi Pokok) : pengenalan Alat input ( keyobard, removable disk/ flasdisk/ disket/ CD ROM), dan cara menggunakannya untuk input data.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi
Siswa mencatat hal – hal pokok yang dijelaskan
Siswa mendemontasikan penggunaan disket, flashdisk dan penggunaan CD ROM
Kegiatan Akhir
memberikan tugas tertulis di rumah
membereskan kursi
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Carilah gambar – gambar tentang alat input data dan jelaskan cara penggunaannya
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Prinsip cara kerja komputer
Kompetensi Dasar : Output Dokumen
Indikator :
Mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output
Menggunakan perangkat output komputer
Mendemonstrasikan penggunaan output komputer
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai output data dan dapat menggunakannya
Materi Ajar (Materi Pokok) : pengenalan Alat output / printer, jenis-jenis printer dan cara penggunannya.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi
Siswa mencatat hal – hal pokok yang dijelaskan
Siswa mendemontasikan penggunaan printer
Kegiatan Akhir
memberikan tugas tertulis di rumah
membereskan kursi
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Mencari jenis-jenis printer dan kegunaannya.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar : Mengetik Naskah Sederhana dengan menggunakan 10 jari
Indikator :
Menjelaskan jenis-jenis keyboard dan fungsinya
Membedakan karakter keyboard
Menjelaskan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kanan
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami dan dapat menggunakan keyboard dengan benar sesuai karakter keyboard
Materi Ajar (Materi Pokok) : jenis-jenis keyboard dan karakter keyboard yang dikuasai tangan kanan
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi yang diberikan
Siswa menunjukan bagian bagian keybaord yang dikuasai dengan tangan kanan
Siswa mengetik dengan menggunakan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kanan
Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Menyebut karakter Keyobard yang menggunakan tangan kanan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar : Mengetik Naskah Sederhana dengan menggunakan 10 jari
Indikator :
Menjelaskan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kiri
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami dan dapat menggunakan keyboard dengan benar sesuai karakter keyboard
Materi Ajar (Materi Pokok) : karakter keyboard yang dikuasai tangan kiri
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi yang diberikan
Siswa menunjukan bagian bagian keybaord yang dikuasai dengan tangan kiri
Siswa mengetik dengan menggunakan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kiri
Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Menyebut karakter Keyobard yang menggunakan tangan kiri
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 5
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar : Mengetik Naskah Sederhana dengan menggunakan 10 jari
Indikator :
Menjelaskan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kiri
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami dan dapat menggunakan keyboard dengan benar sesuai karakter keyboard
Materi Ajar (Materi Pokok) : karakter keyboard yang dikuasai tangan kiri
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, demontrasi dan praktek
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menyimak materi yang diberikan
Siswa menunjukan bagian bagian keybaord yang dikuasai dengan tangan kiri
Siswa mengetik dengan menggunakan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kiri
Kegiatan Akhir
Mematikan komputer dengan tepat dan merapihkan kembali peralatan komputer
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Jenis :
Lisan / Tulisan
Bentuk :
Isian Uraian singkat
Instrumen :
Menyebut karakter Keyobard yang menggunakan tangan kiri
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 6
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Prinsip cara kerja komputer
Kompetensi Dasar : Input Dokumen
Indikator :
Mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input
Menggunakan perangkat input komputer
Mendemonstrasikan input data ke komputer
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai input data dan dapat menggunakannya untuk input data
Materi Ajar (Materi Pokok) : pengenalan Alat input ( keyobard, removable disk/ flasdisk/ disket/ CD ROM), dan cara menggunakannya untuk input data.
Metode Pembelajaran : Tes Tertulis
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru pada lembar jawaban yang telah disediakan
Kegiatan Akhir
Berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Teknik :
Tes
Bentuk :
Pilihan Ganda, Isian
Instrumen :
Lembar Soal Tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Prinsip cara kerja komputer
Kompetensi Dasar : Output Dokumen
Indikator :
Mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output
Menggunakan perangkat output komputer
Mendemonstrasikan penggunaan output komputer
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu mengenal perangkat komputer yang berfungsi sebagai output data dan dapat menggunakannya
Materi Ajar (Materi Pokok) : pengenalan Alat output / printer, jenis-jenis printer dan cara penggunannya.
Metode Pembelajaran : Tes Tertulis
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru pada lembar jawaban yang telah disediakan
Kegiatan Akhir
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Pilihan Ganda, Isian
Instrumen :
Lembar Soal Tulis
.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar : Mengetik Naskah Sederhana dengan menggunakan 10 jari
Indikator :
Menjelaskan jenis-jenis keyboard dan fungsinya
Membedakan karakter keyboard
Menjelaskan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kanan
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami dan dapat menggunakan keyboard dengan benar sesuai karakter keyboard
Materi Ajar (Materi Pokok) : jenis-jenis keyboard dan karakter keyboard yang dikuasai tangan kanan
Metode Pembelajaran : Tes Tertulis
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tertulis yang diberikan pada lembar jawab yang telah disediakan
Kegiatan Akhir
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Pilihan Ganda, Isian
Instrumen :
Lembar Soal Tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 9
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar : Mengetik Naskah Sederhana dengan menggunakan 10 jari
Indikator :
Menjelaskan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kiri
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami dan dapat menggunakan keyboard dengan benar sesuai karakter keyboard
Materi Ajar (Materi Pokok) : karakter keyboard yang dikuasai tangan kiri
Metode Pembelajaran : Tes Tertulis
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tertulis yang diberikan pada lembar jawab yang telah disediakan
Kegiatan Akhir
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Pilihan Ganda, Isian
Instrumen :
Lembar Soal Tulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ Semester : 4 (Empat) / 1 (Satu)
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Menunjuk perangkat lunak pengolah kata, mengolah dokumen secara kreatif dan mendemontrasikan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar : Mengetik Naskah Sederhana dengan menggunakan 10 jari
Indikator :
Menjelaskan karakter keyboard yang dikuasai dengan tangan kiri
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami dan dapat menggunakan keyboard dengan benar sesuai karakter keyboard
Materi Ajar (Materi Pokok) : karakter keyboard yang dikuasai tangan kiri
Metode Pembelajaran : Tes Tertulis
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal
Berdo’a sebelum memulai pelajaran, Mengabsen siswa yang masuk
Kegiatan Inti
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tertulis yang diberikan pada lembar jawab yang telah disediakan
Kegiatan Akhir
berdo’a dan mengucapkan salam
Alat/Bahan/Sumber Belajar :
Penilaian
Teknik :
Tes Tulis
Bentuk :
Pilihan Ganda, Isian
Instrumen :
Lembar Soal Tulis
0 Komentar