RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / I (satu)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Perangkat Teknologi Informasi dan
Komunikasi di Sekitar
Kompetensi Dasar : Mengenal Perubahan perkembangan alat-alat TIK di Sekitar
Tujuan Pembelajaran : Menyebutkan alat – alat komunikasi di masa lalu
Indikator : Mengenal alat – alat komunikasi di masa lalu
Materi Pokok : Alat – alat komunikasi di masa lalu
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah – langkah Pembelajaran
I. Pertemuan Pertama :
1. Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa, Memperkenalkan diri. Memberi penjelasan tentang komunikasi dan informasi.
2. Kegiatan inti :
Siswa diberi kesempatan untuk mencari contoh alat komunikasi di masa lalu, kemudian guru menyimpulkan. Guru memberikan 2 alat komunikasi masa lalu yaitu kentongan dan bedug kemudian menjelaskan
3. Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
II. Pertemuan ke dua :
1. Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa. Guru mengulang pelajaran yang sudah diberikan di pertemuan pertama.
2. Kegiatan inti :
Guru memberikan 2 alat komunikasi masa lalu yaitu bendera dan terompet kemudian menjelaskan
3. Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
III. Teknik
Tes tertulis
IV. Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / I (satu)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Perangkat Teknologi Informasi dan
Komunikasi di Sekitar
Kompetensi Dasar : Mengenal Perubahan perkembangan alat-alat TIK di
Sekitar
Tujuan Pembelajaran : Menyebutkan alat – alat komunikasi di masa sekarang
Indikator : Mengenal alat – alat komunikasi di masa sekarang
Materi Pokok : Alat – alat komunikasi di masa sekarang
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
1. Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa, Menanyakan pelajaran tentang alat komunikasi masa lalu.
2. Kegiatan inti :
Siswa diberi kesempatan untuk mencari contoh alat komunikasi di masa sekarang, kemudian guru menyimpulkan. Guru memberikan 2 alat komunikasi masa sekarag yaitu telephone dan radio kemudian menjelaskan
3. Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Pertemuan ke dua :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa. Guru mengulang pelajaran yang sudah diberikan di pertemuan pertama.
Kegiatan inti :
Guru memberikan 1 alat komunikasi masa sekarang yaitu televisi kemudian menjelaskan
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
Teknik
Tes tertulis
Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / I (satu)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Perangkat Teknologi Informasi dan
Komunikasi di Sekitar
Kompetensi Dasar : Mengenal Perubahan perkembangan alat-alat TIK di
Sekitar
Tujuan Pembelajaran : Mengetahui tentang pengertian komputer
Menyebutkan alat-alat komputer khususnya hardware
Indikator : Mengenalkan kepada anak tentang komputer
: Anak dapat mengenal Hardware komputer
Materi Pokok : Pengertian Komputer dan Bagian-bagiannya
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa. Memberi penjelasan tentang komunikasi dan informasi.
Kegiatan inti :
Siswa diberi pengertian tentang komputer, penggunaan, dan manfaatnya. Siswa diberi penjelasan bagian-bagian komputer yang terdiri dari 3 bagian yaitu : Hardware, Software, dan Brainware. Guru menfokuskan tentang masalah Hardware saja, misalkan monitor.
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Pertemuan ke dua :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa. Guru mengulang pelajaran yang sudah diberikan di pertemuan pertama.
Kegiatan inti :
Guru melanjutkan pelajaran yang sudah diberikan yaitu masalah hardware dan menfokuskan tentang CPU, Mouse, Keyboard, dll
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
Teknik
Tes tertulis
Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / I (satu)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Perangkat Teknologi Informasi dan
Komunikasi di Sekitar
Kompetensi Dasar : Kesehatan dan keselamatan kerja pada komputer
Tujuan Pembelajaran : Mengetahui tentang keselamatan pemakaian komputer
: Menyebutkan cara perawatan komputer
Indikator : Mengenalkan kepada anak tentang keselamatan pada
waktu penggunaan komputer
: Mengenalkan anak cara merawat komputer
Materi Pokok : Keselamatan kerja pada waktu penggunaan komputer
: Cara merawat komputer
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah–langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa.
Kegiatan inti :
Guru menceritakan cara duduk yang benar saat berada di depan komputer dan cara perawatan komputer
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
Teknik
Tes tertulis
Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / II (dua)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi dan Mendemonstrasikan penggunaan
komputer
Kompetensi Dasar : Melakukan booting pada komputer secara benar
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan cara mengaktifkan / menghidupkan
komputer secara benar
: Menjelaskan cara mematikan komputer sesuai prosedur
yang benar
Indikator : Mengenal proses booting pada komputer
Materi Pokok : Booting pada komputer
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa,
Kegiatan inti :
Guiru menjelaskan langkah-langkah menghidupkan komputer secara benar. Kemudian guru menyimpulkan. Murid mempraktekkan cara menghidupkan komputer seperti yang dipraktekkan oleh guru.
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
Teknik
Tes tertulis
Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / II (dua)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi dan mendemonstrasikan penggunaan
komputer
Kompetensi Dasar : Langkah-langkah memilih dan membuka program
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan cara Penggunaan ikon Paint
: Menjelaskan cara membuka pain melalui STAR MENU
Indikator : Mengenal Paint
Materi Pokok : Membuka dan mengoperasikan Paint
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa,
Kegiatan inti :
Guru menjelaskan dan mempraktekan cara membuka program pant dengan berbagai cara, melalui Desktop (sorcut) dan Star Menu
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
Teknik
Tes tertulis
Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : 1 / II (dua)
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
Hari / Tgl :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi dan mendemonstrasikan penggunaan komputer
Kompetensi Dasar : Mendemonstrasikan penggunaan ikon
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan cara Penggunaan tool-tool yang ada di dalam paint
: Menjelaskan cara memakai dan menggabungkan tool-tool yang ada di dalam paint
Indikator : Mengenal tool-tool Paint
Materi Pokok : Mengoperasikan Paint
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan Awal :
Siswa Berdo’a dan selanjutnya mengabsen kehadiran siswa,
Kegiatan inti :
Guru menjelaskan dan mempraktekan cara menggunakan tool-tool yang ada di dalam paint sebagai alat untuk menggambar.
Kegiatan akhir :
Siswa mencatat semua yang sudah diberikan oleh guru.
Sumber / Alat dan Bahan : Internet, Gambar, LKS
Penilaian :
Teknik
Tes tertulis
Bentuk
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
0 Komentar