Pokok-pokok PTK yang dapat digunakan sebagai pemandu penyusunan proposal PTK (Kisyani, 2007).
(a) Ada masalah apa di kelas? (bukan kajian teoretis, tapi masalah nyata di kelas Anda)
(b) Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung adanya masalah itu
(c) Identifikasilah akar penyebab masalah
(d) Identifikasilah beberapa alternatif tindakan/obat yang dianggap dapat mengatasi akar penyebab masalah (lengkap dengan kelebihan dan kekurangan tiap tindakan)
(e) Tentukan salah satu tindakan yang akan dipilih (secara kajian teori, tindakan itu memang dapat mengatasi masalah). Setelah langkah ini, dapat disusun judul PTK yang mengandung UMOS (urutan dapat dibolak-balik), yakni upaya (misalnya “peningkatan”), masalah, obat (tindakan), dan setting (kelas Anda).
(f) Tentukan indikator keberhasilan tindakan (jika indikator keberhasilan sudah dicapai, berarti siklus PTK sudah selesai).
(g) Susunlah rumusan masalah dalam bentuk rumusan masalah PTK
(h) Tujuan penelitian disesuaikan dengan rumusan masalah
(i) Manfaat penelitian disesuaikan dengan rumusan masalah dan tujuan
(j) Tinjauan pustaka disusun sesuai dengan rumusan masalah. Selain itu dalam tinjauan pustaka dikemukakan juga bahasan terhadap penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan.
(k) Prosedur penelitian mengikuti prosedur PTK
(l) Jadwal penelitian disesuaikan dengan jadwal sekolah.
(m) Daftar Pustaka harus sesuai dengan catatan pustaka yang ada di bagian dalam
(n) RPP dilampirkan (sesuaikan dengan prosedur penelitian). Satu siklus dapat diwujudkan dalam dua kali pertemuan atau lebih.
0 Komentar