RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
Mata Pelajaran / Topik : 1. PKn / KESEHATAN
2. IPS / KESEHATAN
Kelas / Semester : 2 / 1, 3 / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
I. Standar Kompetensi :
1. PKn Kelas 2
- Menampilkan sikap cinta lingkungan
2. IPS Kelas 3
- Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah
dan sekolah.
II. Kompetensi Dasar :
1. PKn Kelas 2
- Mengenang pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan
dunia hewan.
2. IPS Kelas 3
- Memelihara lingkungan alam buatan disekitar rumah dan sekolah.
III. Indikator :
1. PKn Kelas 2
- Contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan
- Menceritakan keadaan lingkungan alam dan lingkungan buatan
disekitar rumahmu.
2. IPS Kelas 3
- Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
IV. Tujuan Pembelajaran :
1. PKn Kelas 2
- Setelah guru menjelaskan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan siswa dapat memahaminya.
- Setelah guru menjelaskan materi, siswa dapat mengetahui arti dari lingkungan alam dan lingkungan buatan dan siswa dapat menyebuutkan contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2. IPS Kelas 3
- Setelah guru menjelaskan materi tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan, siswa dapat memahaminya.
- Setelah guru menjelaskan tentang manfaat dari merawat lingkungan, siswa dapat melakukan perawatan lingkungan disekitar rumah.
V. Materi Pembelajaran :
Pokok materi : Lingkungan alam dan lingkungan buatan
Lingkungan alam adalah lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan
untuk manusia.
Lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia.
1. PKn Kelas 2
- Contoh lingkungan alam : Gunung, sungai, laut, dan hutan.
- Contoh lingkungan buatan : Rumah, gedung sekolah, jalan raya, dan jembatan.
2. IPS Kelas 3
Manfaat dari lingkungan alam dan lingkungan buatan yaitu sama-sama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
- Cara memelihara lingkungan :
· Menjaga kebersihan
· Jangan menebang hutan sembarangan
· Merawat lingkungan
· Membuang sampah pada tempatnya
- Cara memelihara lingkungan buatan :
· Menjaga kebersihan rumah dengan cara menyapu
· Merawat gedung sekolah
· Menjaga kebersihan jalan raya
VI. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
- Latihan
- Simulasi
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Awal (10 menit)
· Mengkondisikan Kelas :
· Berdo’a
· Guru mengisi daftar kelas
· Guru mempersiapkan materi ajar dan alat peraga
- Apersepsi (Tanya jawab)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Menciptakan kesiapan belajar dengan cara : Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok 4-5 orang, dengan dipimpin 1 ketua kelompok yang ditunjuk sebagai tutor sebaya.
b. Kegiatan Inti (45 menit)
- Guru menjelaskan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan kepada siswa kelas 2 dan siswa kelas 3.
- Siswa kelas 2 dan 3 mendengar dan menyimak penjelasan guru
- Siswa kelas 2 dan 3 masing-masing melakukan kerja kelompok / diskusi kelas, sedangkan siswa kelas 2 menyajikan hasil diskusi kelompoknya kepada guru.
- Siswa kelas 2 melaporkan hasil diskusi kelompok, sedangkan siswa kelas 3 menyajikan hasil kerja kelompoknya.
- Membuat kesimpulan.
c. Kegiatan Akhir (15 menit)
- Mengadakan tes akhir / post test
- Melakukan Penilaian
- Kegiatan tindak lanjut
· PR
d. Pesan Moral : Jagalah Lingkungan Sekitarmu
e. Penguatan / Penegasan
VII. Sumber dan Alat :
F Sumber :
- Buku PKn kelas 2 untuk SD/MI, Percetakan Pusat Perbukuan, karangan Sajari, Suharto.
- Buku IPS Kelas 3 untuk SD/MI Percretakan Pusat Perbukuan, karangan
Muhammad Nursa’ban, Rusmawan.
F Alat :
- Gambar lingkungan alam dan lingkungan bauatan.
VIII. Penilaian :
1. Hasil Pembelajaran :
· Tekhnik : Tes tertulis
· Bentuk Instrument : Uraian
· Prosedur : Post Test
· Soal : Terlampir
2. Proses Pembelajaran :
· LKS
IX. Kriteria Penilaian :
- Setiap jawaban yang benar diberi skor 2
- Total Skor = 10
Nilai = Perolehan skor x 100
Total Skor
1 Komentar
terima kasih
BalasHapus