RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata Kuliah : Keterampilan Dasar Menulis
Bobot Mata Kuliah : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah : PGSD4303
Kelompok Belajar :
Nama Tutor : Drs
Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi memahami dan merapkan kegiatan tulis-menulis, yang terdiri atas (1) menulis dan penalaran, (2) kalimat efektif, (3) karangan, (4) deskripsi dan narasi, (5) eksposisi, argumentasi, dan persuasi, dan (6) surat-menyurat dinas.
Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Keterampilan Dasar Menulis, mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja.
Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat
- menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
- mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
- memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya
- menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
- mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan
- merencanakan karangan dengan benar
- menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
- menyusun karangan yang utuh
- mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi
- membuat karangan deskripsi dan narasi
- mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
- membuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
- menguraikan karakteristik bahasa surat
- menerangkan bentuk-bentuk surat
- menulis surat dinas dengan baik
No. | Kompetensi Khusus | Pokok Bahasan | Subpokok Bahasan | Model Tutorial | Estimasi Waktu | Daftar Pustaka |
1. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat 1. menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya 2. mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan 3. memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya | Menulis dan Penalaran | 1. Hubungan menulis dengan keterampilan berbahasa lain 2. Ragam Wacana 3. Menulis sebagai Proses | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 1 |
2. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat 1. menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat 2. mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan | Kalimat Efektif | 1. Pilihan Kata 2. Pengembangan Kalimat Efektif | PAT-UT II | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 2 |
3. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat 1. merencanakan karangan dengan benar 2. menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik 3. menyusun karangan yang utuh | Karangan | 1. Perancangan Karangan 2. Pengembangan Paragraf 3. Penyusunan Karangan | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 3 |
4. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi | Deskripsi dan Narasi | - | PAT-UT II | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 4 |
5. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat embuat karangan deskripsi dan narasi | Deskripsi dan Narasi | - | PAT-UT III | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 5 |
6. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi | Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi | - | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 6 |
7. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat embuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi | Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi | - | PAT-UT III | 120’1 | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 7 |
8. | Mahasiswa S-1 PGSD dapat 1. menguraikan karakteristik bahasa surat 2. menerangkan bentuk-bentuk surat 3. menulis surat dinas dengan baik | Surat Menyurat Dinas | 1. Bahasa Indonesia dalam Surat-menyurat 2. Bentuk-bentuk Surat 3. Menulis Surat | PAT-UT I | 120’ | Buku Materi Pokok PGSD 4303 2 SKS Modul 8 |
Mengetahui | ||
Kepala UPBJJ-U | Tutor | |
Drs. | Drs. | |
NI4 | NIP | |
MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-1)
Kelompok Belajar :
Mata Kuliah : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan : Menulis dan Penalaran
Subpokok Bahasan :
- Hubungan menulis dengan keterampilan berbahasa lain
- Ragam Wacana
- Menulis sebagai Proses
Semester : 6
SKS : 2
Nama Tutor :
Kompetensi Khusus
- menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
- mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
- memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya
Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN | RINCIAN KEGIATAN | |
TUTOR | MAHASISWA | |
Tahap Pendahuluan | 1. Mencatat kehadiran mahasiswa 2. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK 3. Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I | 1. Menyimak arahan tutor 2. Mempersiapkan perangkat yang diperlukan |
Tahap Pelaksanaan | 1. Menyajikan pokok materi 2. Membimbing diskusi kelompok 3. Mengadakan silang tanya atau tes | 1. Menyimak sajian tutor 2. Membaca buku sumber 3. Melaksanakan diskusi kelompok 4. Mengikuti silang tanya atau tes |
Tahap Penutup | Memberikan pemantapan | Melaksanakan tindak lanjut |
Mengetahui | i, | |
Kepala U | Tutor | |
Pd | ||
4 | 3 | |
0 Komentar