Terbaru

6/recent/ticker-posts

Materi Kuliah Semester 6: RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT) MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT) RANCANGAN EVALUASI PETA KONSEP


RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Bobot Mata Kuliah     : 2 SKS (6 modul)
Kode Mata Kuliah      : PGSD4303
Kelompok Belajar       : 
Nama Tutor                 : Drs

Deskripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi memahami dan merapkan kegiatan tulis-menulis, yang terdiri atas (1) menulis dan penalaran, (2) kalimat efektif, (3) karangan, (4) deskripsi dan narasi, (5) eksposisi, argumentasi, dan persuasi, dan (6) surat-menyurat dinas.

Kompetensi Umum
Setelah mengikuti tutorial mata kuliah Keterampilan Dasar Menulis, mahasiswa dapat memahami dan menerapkan kegiatan tulis-menulis dalam kegiatan sehari-hari guna menunjang profesionalitas dan produktivitas kerja.

Kompetensi Khusus
Kompetensi Khusus mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan dapat
  1. menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
  2. mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
  3. memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya
  4. menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
  5. mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan
  6. merencanakan karangan dengan benar
  7. menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
  8. menyusun karangan yang utuh
  9. mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi
  10. membuat karangan deskripsi dan narasi
  11. mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
  12. membuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
  13. menguraikan karakteristik bahasa surat
  14. menerangkan bentuk-bentuk surat
  15. menulis surat dinas dengan baik

No.
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Subpokok Bahasan
Model
Tutorial
Estimasi Waktu
Daftar Pustaka
1.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.  menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
2.  mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
3.  memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya

Menulis dan Penalaran
1.    Hubungan menulis dengan keterampilan berbahasa lain
2.    Ragam Wacana
3.    Menulis sebagai Proses
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 1
2.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.  menggunakan kata dengan tepat dalam kalimat
2.  mengembangnkan kalimat efektif dalam karangan

Kalimat Efektif
1.    Pilihan Kata
2.    Pengembangan Kalimat Efektif
PAT-UT II
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 2
3.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.    merencanakan karangan dengan benar
2.    menyusun paragraf yang memenuhi persyaratan paragraf yang baik
3.    menyusun karangan yang utuh
Karangan
1.    Perancangan Karangan
2.    Pengembangan Paragraf
3.    Penyusunan Karangan
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 3
4.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan deskripsi dan narasi
Deskripsi dan Narasi
-
PAT-UT II
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 4
5.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat embuat karangan deskripsi dan narasi

Deskripsi dan Narasi
-
PAT-UT III
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 5
6.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat mengidentifikasi jenis karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi
-
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 6
7.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat embuat karangan eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi
-
PAT-UT III
120’1
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 7
8.
Mahasiswa S-1 PGSD dapat
1.    menguraikan karakteristik bahasa surat
2.    menerangkan bentuk-bentuk surat
3.    menulis surat dinas dengan baik
Surat Menyurat Dinas
1.    Bahasa Indonesia dalam Surat-menyurat
2.    Bentuk-bentuk Surat
3.    Menulis Surat
PAT-UT I
120’
Buku Materi Pokok PGSD 4303
2 SKS
Modul 8


Mengetahui


Kepala UPBJJ-U
Tutor









Drs.
Drs.
NI4

NIP

































MATRIKS AKTIVITAS TUTORIAL (MAT-1)
Kelompok Belajar       :

Mata Kuliah                : Keterampilan Dasar Menulis
Pokok Bahasan           : Menulis dan Penalaran
Subpokok Bahasan     :
  1. Hubungan menulis dengan keterampilan berbahasa lain
  2. Ragam Wacana
  3. Menulis sebagai Proses
Semester                      : 6
SKS                             : 2
Nama Tutor                 :

Kompetensi Khusus
  1. menunjukkan kaitan menulis dengan aspek keterampilan berbahasa lainnya
  2. mengdentifikasi kesamaan dan perbedaan ragam tulisan
  3. memberikan contoh aplikasi konsep menulis sebagai proses, baik dari segi kegiatan menulisnya maupun mengajarkannya

Model Tutorial PAT-UT I
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN KEGIATAN
TUTOR
MAHASISWA
Tahap Pendahuluan
1.      Mencatat kehadiran mahasiswa
2.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan TIK
3.      Mengarahkan pertemuan tutorial berdasarkan PAT-UT I
1.      Menyimak arahan tutor
2.      Mempersiapkan perangkat yang diperlukan

Tahap Pelaksanaan
1.    Menyajikan pokok materi
2.    Membimbing diskusi kelompok
3.    Mengadakan silang tanya atau tes
1.      Menyimak sajian tutor
2.      Membaca buku sumber
3.      Melaksanakan diskusi kelompok
4.      Mengikuti silang tanya atau tes
Tahap Penutup
Memberikan pemantapan
Melaksanakan tindak lanjut

Mengetahui
i,
Kepala U
Tutor










Pd
4
3

Posting Komentar

0 Komentar