Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP PKR Kelas 4 dan 5. Bhs. Indonesia dan IPA

Mata Pelajaran : Kelas IV Bahasa Indonesia/ pembacaan pantun anak dengan lafal

dan intonasi yang tepat

Kelas V IPA/Penggunaan Sumberdaya Alam

Kelas / Semester : III / II

IV / II

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Hari/Tanggal : Senin, 23 Mei 2011

________________________________________________


I. Standar Kompetensi

Kelas IV Bahasa Indonesia : 5. Mendengarkan pengumuman.

Kelas V IPA : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan

hubungannya dengan penggunaan

Sumber daya Alam (SDA)

II. Kompetensi Dasar

Kelas IV Bahasa Indonesia :5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang

dibacakan.

Kelas V IPA :7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia

yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan)

III. Indikator

Kelas IV Bahasa Indonesia : Mencatat pokok-pokok pengumuman.

Kelas V IPA : Mengubah permukaan bumi untuk memenuhi

kebutuhan misalnya pertanian, pembangunan,

pemukiman dan pembangunan jalan.

IV. Tujuan Pembelajaran

Kelas IV Bahasa Indonesia : Siswa dapat menyampaikan kembali isi

pengumuman yang dibacakan

Kelas V IPA : Siswa dapat menyebutkan akibat dari pertanian,

pembangunan pemukiman, dan pembangunan

jalan yang dapat mengubah permukaan bumi.

V. Materi Ajar

Kelas IV Bahasa Indonesia : Naskah pengumuman

Kelas V IPA : Sumberdaya Alam dan Penggunaanya

VI. Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Ceramah, demonstrasi, pengamatan, tanya jawab dan diskusi

VII. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (10 menit)

Kelas IV dan kelas V

1. Berdoa

2. Mengabsen siswa

3. Menyebutkan Tujuan dari pembelajaran

B. Kegiatan Inti (25 menit)

Kelas IV

1. Guru meminta semua siswa mendengarkan pengumuman yang akan dibacakan. Teks pengumuman terdapat pada lampiran buku Bina Bahasa Indonesia 4b Siswa mendengarkan guru membacakan pantun

2. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi pengumuman yang didengar.

3. Siswa meringkas pengumuman yang di dengar dalam beberapa kalimat.

4. Siswa menyampaikan ringkasan pengumuman

Kelas V

1. Siswa Menyimak penjelasan guru tentang dampak dari pembangunan jalan, Pemukiman, dan pertanian terhadap permukaan bumi

2. Siswa menyebutkan dampak dari pembangunan jalan, pemukiman dan pertanian secara bergiliran.

3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

C. Kegiatan Akhir (35 menit)

1. Guru memberikan kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifannya dan

kesungguhannya dalam proses belajar.

2. Mengerjakan Tes Evaluasi

3. Memberikan Pekerjaan Ruman (PR)

VIII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar

Kelas IV Bahasa Indonesia : Standar Isi, Buku Bina Bahasa Indonesia 4b

hal 38-39, Ary Astuty Surat kabar

dan majalah anak.

Kelas V IPA : IPA kelas V S. Rositawaty, Aris Muharam

Hal. 137-138

IX. Penilaian

A. Prosedur Penilaian

Tes Awal : dilaksanakan

Tes dalam proses : dilaksanakan

Tes Akhir : dilaksanakan

B. Bentuk : Tekhnik, Instrumen

Bentuk : Isian

Tekhnik : Lisan dan Tertulis

C. Alat Penilaian

Kelas IV

Siswa diberi tugas mendengarkan pengumuman dari radio, televisi, atau pengeras suara. Kemudian, siswa mencatat pokok-pokok pengumuman itu dan diringkas menjadi beberapa kalimat.

Kelas V

Isilah Titik-titik dibawah ini dengan benar !

1. Menebang kayu dengan alat tebang berdampak ....................

2. Beternak sapi dilahan perkebunan ....................

3. Melakukan pemburuan hewan langka ....................

4. Mengolah sawah dengan traktor ....................

Kunci Jawaban :

Kelas IV

1. Kesesuaian dengan pengumuman.

Kelas V

1. Positif

2. Negatif

3. Negatif

4. Positif

D. Pedoman Penilaian

Kelas IV

Skor maksimal 10

Kelas V

Skor maksimal No1-4 = x2

Posting Komentar

0 Komentar