Terbaru

6/recent/ticker-posts

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PELATIHAN KEPEMUDAAN JENIS KEGIATAN MEMBUAT RAMBAK / KRECEK

PROPOSAL KEGIATAN PELATIHAN KEPEMUDAAN JENIS KEGIATAN MEMBUAT RAMBAK / KRECEK
1. LATAR BELAKANG
Dunia saat ini memasuki era milenium ketiga dimana batas-batas antar bangsa semakin menipis. Globalisasi membuka beragam kesempatan dan peluang. Tak ayal lagi semua pihakpun dituntut berperan aktif agar tidak tertinggal. Dalam pangsa pasar bebas semua negara membuka akses masuk seluas-luasnya bagi siapa saja yang memiliki potensi dan kempetensi.
Indonesia sebagai salah satu negara besar tentu memiliki surnber daya manusia yang banyak. Sumber daya manusia tersebut tentu memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Tingkat kemampuan tersebut menunjukkan kualitas surnber daya manusia tersebut. Ada banyak peluang kerja ditawarkan dalam berbagai bidang yang berbeda. Tentu saja surnber daya manusia yang memiliki kualitas baiklah yang dapat memenangkan persaingan.
Persaingan dalam dunia kerja di Indonesia sangatlah berat. Indonesia sebagai negara berkembang harus melewati cobaan dan rintangan yang tidak ringan. Keterpurukan negara inipun berimbas pada semua sektor kehidupan rakyatnya. Investasi yang lambat dan bangkrutnya perusahaan menghasilkan pengangguran dalam jum'Iah yang besar. Sebagian besar pengangguran ini merupakan generasi muda. Mereka harus saling bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.
Tuntutan ekonomi yang sulit memaksa pemuda melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan hidup. Bagi pemuda yang beruntung, mereka mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang dapat mencukupi kebutuhan hariannyn. Akan tetapi banyak pemuda yang harus mengubur impiannya untuk hidup layak karena keterbatasan modal maupun kemampuan.
Sebagai manusia pada umumnya, pemuda memiliki tingkat kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Masalahpun muncul manakala usaha yang telah ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan menemui kegagalan. Banyaknya kebutuhan yang mesti dipenuhi, sulitnya mencari pekerjaan dan mentalitas yang masih labil tidak jarang menjadi faktor utama penyebab turunnya moralitas pemuda. Karena dorongan menusiawinya untuk tetap dapat bertahan hidup memaksa mereka melakukan hal-hal yang berlawanan dengan nilai agama dan sosial, seperti maraknya pemuda yang melakukan tindak kekerasan, pemerasan, perampokan pemalakan bahkan penculikan yang menuntut tebusan sejumlah materia
Diperlukan kerjasama oleh semua pihak untuk mengurangi dampak negatif dari tekanan ekonomi. Pelatihan ketrampilan pun menjadi salah satu altematif jalan keluar. Dengan memberikan ketrampilan yang tepat guna diharapkan para pemuda memiliki jiwa kemandirian dan terasah jiwa enterpreneur-nya. Dengan demikian, tingkat kekerasan pemuda menurun dan usaha mandiri pun akan meningkat.
2.  TUJUAN PELATIHAN
A.    TUJUAN UMUM
a.    Meningkatkan ketrampilan pemuda dalam bidang kuliner yakni
membuat karak rambak krecek
b.    Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membuka peluang
usaha sendiri atau berwiraswasta,
c.    Berperan aktif dalam kegiatan sosial.
B.    TUJUAN KHUSUS
Meningkatkan ketrampilan pemuda dalam bidang kulineryakni membuat aneka kue sehingga para pemuda ini memiliki wawasan berwirausaha yang dapat meningkatkan taraf hidupnya.
MATERI
A.    Jenis kegiatan
a.    Pengenalan materi   
b.    Cara pembuatan krupuk
c.    Mempelajari pemasaran
d.    Praktek pembuatan krupuk
e.    Membuat rambak secara mandiri
f.    Pemasaran rambak
B.    Bahan   
a.    Tepung terigu
b.    Mentega   Pc
c.    Garam
d. Bawang Putih
e.    Minyak goreng
f.    Bumbu penyedap
g. Trasi
h. Tumbar
i.   Danimmbu pelengkap lainnya
C.    Alat
a.    Penggorengan
b.    Serok dan srotel
c.    Loyang
d.    Timbangan
e.    Tempat meniriskan minyak
f.    Tempat karak
g.    Pisau Mesin
D.    Prosedur Kerja
Instruktur memberikan penjelasan mengenai tata cara pembuatan karak dan hal-hal yang harus diperhatikan selama pembuatan kue, peserta mcngamati peragaan instruktur. Dalam proses pengamatan ini juga berlangsung seksi tanya jawab dilalanjutkan dengan praktek langsung. Setelah praktek selesai dilaksanakan diskusi.

4. STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN
A.    Strategi pembelajaran
a.    penguasaan pembelajaran
b.    instruksi langsung
c.    pembelajaran berdasarkan simulasi
d.    sistem pembelajaran bersama partner kerja
B.    Metode pembelajaran
a.    Menyimak
b.    Tanya jawab
c.    Demontrasi
d.    Praktek langsung
e.    Diskusi
5.    SUMBER DAYA MANUSIA
A.    Fasilitator    :  1. RT.01
2. Ketua Pcmuda
B.    Instruktur    : SANTI
6.    DANA
A.    Dana yang dibutuhkan membeli bahan   : RP 400.000,00
Sewa peralatan    : RP 200. 000:00 +
RP 600.000,00
B.    Sumberdana
Swadaya
7.    SARANA DAN PRASARANA
A. Sarana
a.    Penggorengan
b.    Serok dan srotel
c.    Loyang
d.    Alat tulis
e. Pisau Mesin
f. Bahan pembuat karak
g. Kompor
B.   Prasarana
a.    Minuman ringan
b.    Kipas angin untuk mendinginkan ruangan
c.    Tikar
d.    Baskom
8-  TEKNIK EVALUASI
A. Penampilan    : ada
B- Hasil Keija    : ada
C. Tes tertulis    : ada
9. TINDAK LANJUT
Pcngembangan/ pelaksanaan hasil pembelajar

Posting Komentar

0 Komentar