Terbaru

6/recent/ticker-posts

PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN

LAPORAN

PRAKTIK PEMBINAAN PROGRAM
KEPEMUDAAN TENTANG
PEMBUATAN KRIPIK JAHE     

Laporan ini untuk memenuhi tugas
mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan








                                                                   

Disusun oleh:
HANDRIANTO
NIM. 815 24 24 24
                                                                         

UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
PROGRAM S1 PGSD
SEPTEMBER 2010

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan yang berjudul ”Laporan Praktik Pembinaan Program Kepemudaan tentang Pembuatan kripik jahe RT 01 RW 04 Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit” ini telah diperiksa dan disetujui pada tanggal 26 September 2010
                                        
Instruktur Mata Kuliah


                                                                                           Drs. Kentar Budhoyo                                                                                                                             

Mengetahui,


Mengetahui,                                                          Dampit, 24 September 2010
Kepala UPTD, TK,SD dan PLS                                      
Dinas Pendidikan Kecamatan Dampit                    Ketua RT 04/ RW 01





Drs. SUPARYANTO, M.Si                              
     NIP.19610504 198303 1 026                               


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberi limpahan berkat dan rahmatNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Kegiatan Pembinaan Kepemudaan dengan tepat waktu.
            Laporan Kegiatan Pembinaan Kepemudaan merupakan salah satu tugas Mata Kuliah Pendidikan Berwawasan Kemasyarakatan.
            Penulis menyadari tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak laporan Kegiatan Pembinaan Kepemudaan ini tidak dapat terselesaikan, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Bapak Sukardi, S.Pd selaku Penilik PLS Kec. Dampit
  2. Bapak Wakidun, selaku Ketua RT 04/ RW 01  Dampit
  3. Bapak Drs.Kentar Budoyo, selaku Tutor mata kuliah Pendidikan Berwawasan Kemasyarakatan..
  4. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung atupun tidak langsung.
Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak.

                                                                                    Dampit, 26 Sepetember 2010

                                                                                                                                                                                                                                    Penulis
                                                                                                  
DAFTAR ISI
                                                                                              Halaman
HALAMAN JUDUL.................................................................................          i
HALAMAN PENGESAHAN...................................................................          ii
KATA PENGANTAR...............................................................................          iii
DAFTAR ISI..............................................................................................          iv
BAB I    PENDAHULUAN
                               1.1 Latar Belakang......................................................................         
                   1.2 Tujuan Umum Pembinaan Kepemudaan...............................         
1.3  Tujuan Khusus Pembinaan Kepemudaan.............................         
1.4 Hasil Pembinaan Kepemudaan………....……………………        
BAB II   PELAKSANAAN PROGRAM
2.1 Tempat dan Waktu Pelaksanaan............................................          7
2.2 Materi Pelatihan / Kegiatan….................................………..          7
2.3 Srategi dan Diskripsi Kegiatan…………………………….           9
BAB III TEMUAN DAN HASIL
3.1 Temuan dan Hasil Evaluasi Proses........................................          22
3.2 Temuan dan Hasil Evaluasi Produk.......................................          23
3.3 Pembahasan...........................................................................          23
BAB IV PENUTUP
4.1  Kesimpulan............................................................................          40
4.2  Saran......................................................................................          42
4.3  Tindak Lanjut......................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
                                                  BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Salah satu SDM yang paling penting adalah generasi muda, mereka adalah penerus bangsa yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup bangsa ini dan yang akan memberikan warna bagi masa depan bangsa Indonesia.
Beberapa tahun terakhir ini citra bangsa kita tercoreng akibat perbuatan yang dilakukan oleh generasi muda kita, kita dapat mengambil contoh masalah penyalahgunaan obat terlarang, penjarahan dsb. Hal ini tidak saja merugikan diri mereka sendiri tetapi juga orang lain, selain itu citra bangsa Indonesia di mata dunia Internasional juga dipertaruhkan.
Berbagai masalah tersebut salah satunya merupakan dampak dari banyaknya jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Oleh karena itu untuk mengurangi dampak tersebut maka dibutuhkan kerjasama antara semua pihak untuk mengatasinya. Salah satunya dengan cara melakukan gerakan pembinaan kepemudaan, dengan kegiatan tersebut diharapkan mereka dapat menyalurkan bakat dan minat untuk melakukan kegiatan yang positif yang berguna untuk diri mereka sendiri dan orang lain.
Selama ini peran Lembaga Kepemudaan belum berperan aktif dan belum menampakkan hasil yang nyata dalam pembangunan, padahal pemuda dalah generasi penerus dan berpotensi besar dalam pembangunan daerah karena usianya yang produktif.
Untuk membantu para pemuda agar terus meningkatkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya maka diperlukan konsep yang tepat dalam lembaga kepemudaan agar termotivasi maju. Program-program yang dapat diciptakan guna meningkatkan partisipasi pemuda dapat berupa keterampilan, kewirausahaan, kepeloporan dan kepemimpinan. Apabila Lembaga Kepemudaan tersebut dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik, maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat berguna untuk kemajuan daerah.
Salah satu partisipasi pemuda untuk menghambat terjadinya pemanasan global dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna dan dapat menghasikan uang. Untuk mengoptimalkan lembaga kepemudaan di desa, kami selaku praktikus mengadakan pembinaan kepemudaan lewat pelatihan daur ulang sampah plastik.
1.2 Tujuan Umum Pembinaan Kepemudaan
1.      Menambah wawasan pengetahuan dan ketrampilan generasi muda.
2.      Meningkatkan potensi pemuda dalam kewirausahaan, kepeloporan dan kepemimpinan
3.      Melatih sikap mandiri, bekerjasama, kebersamaan dan kekeluargaan.
                        Tujuan Khusus Pembinaan Kepemudaan
1.      Memiliki keterampilan dasar yang bernilai jual dalam mendaur ulang plastik
2.      Menghambat pemanasan global dengan mendaur ulang plastik menjadi barang lebih berguna
3.      Mengurangi polusi akibat timbunan sampah plastik di lingkungan sekitar

1.4   Hasil Pembinaan Kepemudaan
Hasil yang diharapkan pada kegiatan pembinaan kepemudaan agar pemuda yang dibina tersebut dapat berpartisipasi dalam kelestariaan lingkungan dan dapat menimgkatkan potensi pemuda dalam kewirausahaan, kepeloporan dan kepemimpinan.



















BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM

2.1 Tempat dan Waktu Pelaksanaan Program
a. Tempat Pelaksanaan Program
Lokasi pelaksanaan kegiatan pembinaan program kepemudaan tentang pelatihan daur ulang sampah plastik diadakan di Jl. Semeru Selatan No 2
 RT 0104 RW 01 Dampit.

b. Waktu Pelaksanaan Program
Jadwal pelaksanaan program kegiatan pembinaan kepemudaan.
No
Pertemuan
Hari/tanggal Pelaksanaan
Materi Program
1
I
Rabu, 18 Agustus 2010
Penjelasan Tentang Pemenasan Global dan Dampak negatif sampah plastik
2
II
 Jum’at, 20 Agustus 2010
Pengumpulan sampah plastik misalnya bungkus bekas deterjen, pewangi pakaian, berbagai minuman serbuk, mie instan, sabun cuci piring, dll.
3
III
Rabu, 25 Agustus 2010
Membersihkan sampah - sampah yang sudah terkumpul
4
IV
Jumat, 27 Agustus 2010
Membuat pola dan memotong plastik sesuai pola
5
V
Rabu , 1 September 2010
Menjahit / menggabungkan sampah plastik
6
VI
Kamis, 2 September 2010
Tahap akhir pembuatan dengan menambah aksesoris yang diperlukan

Posting Komentar

0 Komentar