Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Dalam menentukan KKM telah mempertimbangkan beberapa faktor antara lain:
1) Kompleksitas kompetensi dasar
2) Kemampuan sumber daya pendukung yang meliputi: warga
sekolah dan sarana prasaran dalam penyelenggaraan pembelajaran.
3) Kemampuan rata-rata peserta didik
Ø Langkah-langkah
dalam menentukan KKM
·
Menghitung
jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas
·
Menentukan
nilai setiap faktor sesuai kemampuan masing-masing
ü
Faktor kompleksitas
Kompetensi Dasar.
Semakin sukar suatu Kompetensi Dasar maka
nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan semakin kecil, sebaliknya
semakin mudah sebuah Kompetensi Dasar maka nilai batas
minimal ketuntasan yang ditentukan semaikn besar
ü
Aspek
sumber daya dukung misalnya unsur pendidik dan sarana prasarana.
Semakin tinggi sumber daya dukung, maka semakin tinggi
nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan dan sebaliknya
ü
Aspek
intake (potensi awal siswa)
Semakin tinggi kemampuan awal siswa, maka semakin
tinggi nilai batas minimal ketuntasan yang ditentukan.
·
Menghitung
KKM setiap Kompetensi Dasar
Cara menghitung KKM
setiap KD adalah menghitung rata-rata nilai dari ketiga aspek yang telah
ditentukan pada setiap KD. Caranya yaitu menjumlah nilai ketiga aspek kemudian
dibagi tiga. Berhubung aspek sumber daya pendukung terdiri dari 2 aspek yaitu
aspek pendidik dan aspek sarana prasarana maka cara menghitung KKM setiap KD
adalah jumlah nilai keempat aspek dibagi empat.
·
Menghitung
KKM setiap Mata Pelajaran
KKM mata pelajaran
setiap semester diperoleh dari jumlah KKM KD dibagi jumlah KD dalam semester bersangkutan.
0 Komentar