Terbaru

6/recent/ticker-posts

Penerapan Media Pendidikan Pada Pembelajaran

Terciptanya sistem komunikasi yang timbal balik antara guru dan siswa merupakan komponen penting pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pada komunikasi dalam proses belajar-mengajar, guru menjadi sumber dan komunikator, siswa menjadi komunikan dan menjadi tujuan pesan. Agar pesan dapat sampai ke tujuan dengan efektif dan efisien harus digunakan media. Media yang digunakan pada dunia pendidikan, tersebut dinamakan media pendidikan atau media instruksional. Penggunaan media dan pesan dapat dinyatakan dalam bentuk simbol piktoral, simbol grafis, dan simbol verbal. Penggunaan media pendidikan pada proses pembelajaran dapat menaggulangi berbagai kelemahan dalam sistem komunikasi.
Menurut Zaini (2007:29) media pendidikan disebut juga media instruksional, yang memiliki nilai praktis dan berfungsi mengatasi perbedaan pengalaman pribadi murid, mengatasi batas-batas ruang kelas, keterbatasan karena jarak, waktu dan mengatasi hal-hal yang terlalu komplek untuk diamati. Tahap awal sebelum guru membuat suatu media pendidikan dalam pembelajaran di sekolah, harus merancang pesan yang sangat erat kaitannya dengan media instruksional. Agar nantinya penggunaan media tersebut tepat pada pelaksanaan pelajaran, sehingga tujuan penyelenggaraan pendidikan untuk mencerdaskan anak didik dapat tercapai. Selain itu dengan perencanaan yang matang pada pembuatan dan persiapan media pendidikan maka akan dapat tercipta arus komunikasi antara guru dan siswa, serta menghindari adanya komunikasi searah.

Posting Komentar

0 Komentar