Model
pembelajaran ini tergolong tipe koperatif dengan sintaks: Guru menyajikan
materi klasikal, berikan persoalan kepada siswa dan siswa bekerja
kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs),
presentasi kelompok (share), kuis individual, buat skor
perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.
Melalui
model TPS (think pairs share) pendidik memperhatikan suatu proses atau
peristiwa kepada peserta didik. Model TPS dapat dilakukan dengan berbagai cara,
dari yang sekadar memberikan pengetahuan yang sudah diterima begitu saja oleh
peserta didik, sampai pada cara agar peserta didik dapat memecahkan suatu
masalah. Agar pembelajaran dengan model pembelajaran TPS berlangsung secara
efektif, langkah-langkah yang dianjurkan adalah ;
a. Lakukanlah perencanaan yang matang
sebelum pembelajaran dimulai. Hal-hal tertentu perlu dipersiapkan, terutama materi
atau bahan belajar yang akan diberikan kepada peserta didik dengan model TPS
tersebut.
b. Rumuskanlah tujuan pembelajaran
dengan model TPS (think pairs share), dan pilihlah materi yang tepat
untuk didiskusikan.
c. Buatlah garis besar langkah-langkah
dalam diskusi kelompok dengan rekan sebangku, akan lebih efektif jika dikuasai
dan dipahami baik oleh peserta didik maupun oleh pendidik.
d. Tetapkanlah apakah diskusi tersebut
akan dilakukan pendidik atau oleh peserta didik, atau oleh pendidik kemudian
diikuti oleh peserta didik.
e. Mulailah memberikan pengantar dengan
menarik perhatian seluruh peserta didik, dan ciptakanlah suasana yang tenang
dan menyenangkan.
f. Upayakanlah agar semua peserta didik
terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
g. Lakukanlah evaluasi terhadap
pembelajaran yang dilaksanakan, baik terhadap efektivitas model TPS (think
pairs share) maupun terhadap hasil belajar peserta didik.
0 Komentar