RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013
Satuan Pendidikan : SDN Manis Manja
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Keluargaku (Tema 4)
Sub Tema : Anggota Keluargaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
4.6. Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music
Matematika
4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau di tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
C. INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Bercerita kegiatan olah raga yang biasa dilakukan bersama keluarga
PJOK
Melakukan senam irama sesuai contoh
Matematika
Menyelesaikan soal cerita penjumlahan
D. TUJUAN
1. Melakukan Senam Irama dan Bercerita
Tujuan pembelajaran:
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menceritakan kegiatan olahraga yang biasa dilakukan bersama keluarga.
Setelah melihat contoh yang ditunjukkan guru, siswa dapat mengikuti senam irama sesuai contoh.
2. Berlatih Penjumlahan bersama Keluarga
Tujuan pembelajaran:
Dengan mengamati contoh soal cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan benar.
E. MATERI
1. Melakukan Senam Irama dan Bercerita
2. Berlatih Penjumlahan bersama Keluarga
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. 10
menit
Kegiatan
Inti Melakukan Senam Irama dan Bercerita
1. Siswa menyimak informasi bahwa setiap anggota keluarga mempunyai kesukaan bermain olahraga yang berbeda.
2. Siswa diminta menjawab apakah ada yang tahu olahraga kesukaan anggota keluarganya (misal ayah, ibu, kakak, dan adik).
3. Siswa diminta menjawab apakah mereka pernah melakukan kegiatan olahraga bersama keluarga?
4. Siswa diberi pertanyaan, di manakah mereka biasa melakukan kegiatan berolahraga?
5. Setelah tanya jawab, guru mengajak siswa ke lapangan untuk melakukan kegiatan senam irama dengan diiringi lagu senam irama.
6. Selesai berolahraga, guru mengajak siswa untuk melakukan pendinginan lalu kembali ke kelas.
7. Siswa diminta membuka buku siswa.
8. Siswa memperhatikan guru membaca teks di buku siswa.
9. Selesai membaca, Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut.
10. Siswa diminta untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacakan guru dengan menggunakan bahasa mereka sendiri.
Berlatih Penjumlahan bersama Keluarga
1. Siswa menyimak cerita mengenai sebuah keluarga yang sedang berkumpul bersama.
2. Siswa diberi soal-soal penjumlahan yang berkaitan dengan banyak anggota keluarga.
3. Selesai bercerita, ajak siswa untuk berlatih penjumlahan di dalam buku siswa. 150
menit
Kegiatan
Penutup Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan bersama orang tua:
Orang tua membantu siswa berlatih penjumlahan matematika menggunakan cerita. 15
menit
H. SUMBER DAN MEDIA
• Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup
• Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Anggota Keluargaku.
Kaset/CD senam irama, Radio/alat pemutar kaset/CD, Boneka jari atau wayang kecil untuk alat peraga mendongeng, Gambar sebuah keluarga yang berkumpul bersama dalam sebuah rumah
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
• Pilihan ganda.
• Isian singkat.
• Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
0 Komentar