Hasil pengamatan pada siklus I pertemuan pertama dilaksanakan, banyak siswa terlihat belum aktif dan canggung karena siswa belum terbiasa menggunakan kalimat efektif dalam pembelajaran, serta beberapa siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran. Setelah guru memberi motivasi, siswa mengikuti pelajaran dengan baik. Meskipun demikian, penguasaan kalimat efektif terhadap siswa dalam menerima penjelasan guru masih cukup tinggi. Siswa saling membantu dan bekerjasama dengan temannya, yang diam dan pasif terus berupaya untuk bisa. Demikian upaya guru dalam memotivasi para siswa. Ternyata upaya ini cukup berhasil, siswa berusaha untuk aktif dalam mengikuti praktik menulis ringkasan cerita pendek anak dengan penguasaan kalimat efektif .
Dan hasil tes praktik maupun tes tertulis penguasaan kalimat aktif untuk meningkatkan ketrampilan menulis ringkasan cerita pendek anak pada siswa kelas V adalah sebagai berikut:
Baca dan Download PTK Bahasa Indonesia kelas 5
0 Komentar