Terbaru

6/recent/ticker-posts

ALur Tujuan Pembelajaran (Silabus) SD Kurikulum Merdeka 2022


Salah satu istilah baru yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka adalah ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran.

ATP adalah sebuah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis sesuai urutan pembelajaran sejak awal fase hingga akhir fase.

Fungsi dari Alur Tujuan Pembelajaran ini sama dengan SIlabus Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan sebagai acuan perencanaan pembelajaran.


Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:

Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik

Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.

Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antar fase dan jenjang.


Prosedur Penyusunan ATP Alur Tujuan Pembelajaran

  1. Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipetakan.
  2. Identifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.
  3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai,konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Identifikasi elemen dan atau subelemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.


Penyusunan Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran Cara 1


  1. Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipetakan.
  2. Identifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.
  3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai,
  4. konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Identifikasi elemen dan atau sub elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  6. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.


Penyusunan Tahapan Alur Tujuan Pembelajaran Cara 2 Berdasarkan Fase

  1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan menyusunnya dalam alur pembelajaran untuk mencapai kompetensi pada fase tersebut.
  2. Menganalisis elemen Capaian Pembelajaran (CP) untuk mengidentifikasi kompetensi pada akhir fase pada elemen tersebut.
  3. Tim pendidik berkolaborasi menganalisis naskah Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran yang menjadi fokus

Posting Komentar

0 Komentar