Pada Kurikulum 2013 atau sering disebut dengan Kurtilas terdapat istilah Silabus yang menurut para afli berarti Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244), maka pada kurikulum Merdeka kita akan mengenal istilah ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran yang memiliki fungsi yang sama dengan Silabus.
Kurikulum 2022
pada tahun ini kurikulum 2022 satuan pendidikan di berikan kesempatan untuk memilih beberapa kurikulum dalam rangka mempercepat pembelajaran, kurikulum pada tahun pelajaran 2022/2023 satuan pendidik dapat memeilih diantaranya kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka,
Implementasi Kurikulum Merdeka
pada tahun pelajaran 2022/2023 sekolah yang mengikuti perogram sekolah penggerak dan IKM mandiri diberlakukan pada satuan pendidikan tersebut untuk menerapkan kurikulum paradigma baru / kurikulum merdea secara bertahap sampai thn 2024. Pada tahun 2024 kurikulum akan di tetapkan untuk diterapkan oleh semua satuan pendidikan. pada tahun 2022 sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka dilaksanakan secara bertahap yaitu pada jenjang PAUD kelas 1, 4, 7, dan 10.
Fungsi Alur Tujuan Pembelajaran
Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar Sebagai Dokumen Rencana Pembelajaran ditetapkan atau dibuat oleh Satuan Pendidikan dalam mengembangkan kurikulum operasional sekolah. Pada bagan berikut, capaian pembelajaran sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.
Capaian Pembelajaran Ditetapkan oleh pemerintah, merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran
- Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik
- Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.
- Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase dan jenjang.
Berikut ini salah satu contoh Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran Matematika untuk Fase A Kelas 1 dan 2 SD
0 Komentar