Terbaru

6/recent/ticker-posts

Komponen Kurikulum Operasional Sekolah dan Contohnya


1. Komponen yang menjadi komponen utama yang ditinjau setiap 4-5 tahun

Karakteristik Satuan Pendidikan

Dari analisis konteks, dirumuskan karakteristik sekolah yang menggambarkan keunikan sekolah dalam hal peserta didik, sosial, budaya, guru, dan tenaga kependidikan. 

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

  1. menggambarkan bagaimana peserta didik menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang sekolah dan nilai-nilai yang dituju
  2. nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pembelajaran agar peserta didik dapat
  3. mencapai Profil Pelajar Pancasila

Misi

  1. misi menjawab bagaimana sekolah mencapai visi
  2. Nilai-nilai yang penting untuk dipegang selama menjalankan misi

Tujuan

  1. tujuan akhir dari kurikulum sekolah yang berdampak kepada peserta didik
  2. tujuan menggambarkan patok-patok (milestone) penting dan selaras dengan misi
  3. strategi sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya
  4. Kompetensi/karakteristik yang menjadi kekhasan lulusan sekolah tersebut dan selarasdengan profil Pelajar Pancasila

2. Komponen yang menjadi komponen utama yang ditinjau setiap tahun

Pengorganisasian Pembelajaran

Cara sekolah mengatur muatan kurikulum dalam satu rentang waktu, dan beban belajar, cara sekolah mengelola pembelajarannya untuk mendukung pencapaian CP dan Profil Pelajar Pancasila (mis: mingguan, sistem blok, atau cara pengorganisasian lainnya).

Intrakurikuler, berisi muatan/mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya jika ada (mulok)

Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, menjelaskan pengelolaan projek yang mengacu pada profil Pelajar Pancasila pada tahun ajaran tersebut.

Ekstrakurikuler. Gambaran ekskul dalam bentuk matriks/tabel 


Rencana Pembelajaran

Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup sekolah: menggambarkan rencana pembelajaran selama setahun ajaran. Berisi alur pembelajaran/unit mapping (untuk sekolah-sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran secara integrasi), program prioritas satuan pendidikan

Pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional

Kerangka bentuk pendampingan, evaluasi, dan pengembangan profesional yang dilakukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan di satuan pendidikan. Pelaksanaan ini dilakukan oleh para pemimpin satuan pendidikan secara internal dan bertahap sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan.


Lampiran

  1. Contoh-contoh rencana pembelajaran ruang lingkup kelas: menggambarkan rencana pembelajaran per tujuan pembelajaran dan/atau per tema (untuk sekolah-sekolah yang sudah menjalankan pembelajaran secara integrasi)
  2. Contoh penguatan Profil Pelajar Pancasila penjabaran pilihan tema dan isu spesifik yang menjadi projek pada tahun ajaran tersebut (deskripsi singkat tentang projek yang sudah dikontekstualisasikan dengan kondisi lingkungan sekolah dan kebutuhan peserta didik, tidak perlu sampai rincian pembelajarannya)
  3. Referensi landasan hukum atau landasan lain yang kontekstual dengan karakteristik sekolah

Posting Komentar

0 Komentar