Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pengertian Belajar dan Pembelajaran menurut ahli

Pendekatan pembelajaran dapat berarti anutan pembelajaran yang berusaha meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik siswa dalam pengelolaan pesan sehingga tercapai sasaran belajar (Dimyati dan Mudjiono, 1999:185).Pembelajaran atau yang dulu disebut proses belajar mengajar menurut Muhibbin Syah (2004:256) adalah sebuah kesatuan kegiatan yang integral dan resiprokal antara guru dan siswa dalam situasi instruksional. Dalam situasi ini, guru mengajar dan siswa belajar.

Dalam proses belajar mengajar atau pembelajaran terdapat empat unsur yang saling kait-mengkait. Empat unsur inilah yang mendasari pengertian pembelajaran. Pembelajaran adalah proses mengkoordinasi sejumlah komponen penting pada pembelajaran yaitu: tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metode dan alat yang digunakan pada pembelajaran, serta penilaian pada pembelajaran, agar satu sama lain saling berhubungan dan saling berpengaruh, sehingga menumbuhkan kegiatan belajar siswa seoptimal mungkin menuju terjadinya perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang ditetapkan (Nana Sudjana, 2003:31). Peristiwa belajar mengajar terjadi apabila subjek didik secara aktif berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru.

Menurut Slameto (2003:175), minat belajar adalah salah satu bentuk keaktifan seseorang yang mendorong untuk melakukan serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dalam lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Paling efektif untuk membangkitkan minat pada suatu subyek yang baru adalah dengan menggunakan minat-minat siswa yang telah ada. Disamping memanfaatkan minat yang telah ada sebaiknya para pengajar juga berusaha membentuk minat-minat baru pada diri siswa. Hal ini dapat dicapai dengan jalan memberikan informasi pada siswa mengenai hubungan antara suatu bahan pengajaran yang akan diberikan dengan bahan pengajaran yang lalu dan menguraikan kegunaannya bagi siswa di masa yang akan datang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaanya dalam belajar.

Posting Komentar

0 Komentar