Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus.  RPP ini dapat digunakan oleh guru sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.
Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini guru akan dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara sistematis, tanpa khawatir keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya (Lembaga Pengembangan Pendidikan. 2007:19). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus dapat menjelaskan: (1) tujuan pembelajaran,(2)bahan belajar/materi pelajaran, (3) strategi/metode pembelajaran, (4) media pembelajaran dan (5) evaluasi (Akhmad Sudrajat, 2007: 57)

Pada hakekatnya RPP merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan tindakan apakah yang akan dilakukan dalam pembelajaran, baik oleh pendidik maupun perserta didik untuk mencapai suatu kompetensi yang sudah ditetapkan.  Dalam RPP harus jelas Identitas mata pelajarannya, Standar kompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai oleh peserta didik, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipelajari, dan bagaimana mempelajarinya, serta bagaimana guru mengetahui bahwa peserta didik telah menguasai kompetensi tertentu.  Aspek-aspek tersebut  merupakan unsur utama yang harus ada dalam setiap RPP.

RPP terdiri dari komponen program kegiatan belajar dan proses pelaksanaan program.  Komponen program mencakup Identitas mata pelajaran, SK, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, serta penilaian hasil belajar, sedangkan komponen proses pelaksanaaan program pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dengan demikian, RPP pada hakekatnya merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan dan berinteraksi satu dengan lainnya, serta memuat langkah-langkah pelaksanaan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu membentuk kompentensi yang sudah ditetapkan sebelumnya (Hasan, 2007: 22)

Posting Komentar

0 Komentar