RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas / Semester : IV (empat) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan penerintahan kecamatan.
Kompetensi Dasar
1.2 Menggambarkan struktur organisasi desan dan pemerintahan desa.
Indikator
1. Membuat bagan sturktur organisasi pemerintahan desa.
I. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat merancang struktur organisasi pemerintahan desa
• Siswa dapat menyusun bagan pemerintahan desa
• Siswa dapat mengerjakan soal – soal ujian kompetensi I dengan benar.
• Siswa dapat menjangkau organisasi pemerintahan desa di kelas.
II. Materi Pembelajaran
- Struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi
III. Metoda Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Penugasan
IV. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegitan Awal:
- Mengkondisikina kelas pada situasi belajar
- Pembahasan tugas PR dan memberikan nilai
- Tanya jawab tentang tugas dan tanggung jawab lembaga – lembaga pemerintahan desa
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
2 Kegiatan inti
- Merancang struktur organisasi pemerintahan desa
- Menusun bagan struktur pemerintahan desa
- Mempresentasikan struktur organisasi pemerintahan desa di depan diskusi kelas
- Mengerjakan lembar kerja siswa (LKS)
- Membahas hasil lembar kerja siswa
3. Kegiatan akhir
- Refleksi proses dan hasil belajar
- Melaksanakan penilaian
- Tindak lanjut
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
a. Sumber :
- Buku PPKn kleas IV
- Buku penunjang yang relevan
b. Alat dan Bahan:
- Struktur organisasi pemerintahan desa
VI. Penilaian
- Jenis tes : Tes dn non tes (lisan / tertulis / penugasan)
- Bentuk tes : Isian, Uraian
- Soal tes
A. Penguasaan konsep
Kerjakan soal – soal di bawah ini!
1. Kepala desa dipilih oleh.....
2. Lurah diangkat oleh....
3. Tugas seorang sekretaris desa adalah....
B. Penerapan
Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan nama – nama perangkat desa!
2. Buatlah bagan struktur pemerintahan desa!
0 Komentar