Terbaru

6/recent/ticker-posts

Contoh Proposal PTK: Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Topik Pecahan di Kelas VI SD



1. Judul : Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Topik Pecahan di Kelas VI SD
2. Latar Belakang
Kompetensi siswa dalam penguasaan dan keterampilan proses operasi hitung bilangan pecahan masih tergolong rendah. Hal ini didasarkan pada hasil tes proses dan tes hasil belajar pada topik mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal masih terdapat sekitar 25% siswa yang memperoleh nilai di bawah Krteria Ketuntasan Minimal (KKM)yang telah ditetapkan sebelumnya.
Kesulitan siswa dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan hapalan perkalian dan pemahaman keterampilan proses membagi bilangan dengan teknik kurung sehingga prasyarat untuk meraih kompetensi mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal.
Masih ada sekitar 30% sisa yang belum menguasai perkalian dan sekitar 40% siswa yang belum menguasai keterampilan proses membagi dengan cara kurung. Hal ini karena kurangnya latihan berulang(Drill) yang diberikan guru kepada siswa dalam pembelajaran.
Metode drill dipandang sebagai metode tradisional sehingga jarang digunakan, terlebih guru harus berpacu dengan waktu untuk menuntaskan semua kompetensi yang dituntut dalam kurikulum.
Atas dasar hal tersebut, penulis mencoba meneliti masalah tersebut dan menuangkannya dalam Penelitian Tindakan Kelas dengan judul "Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika topik Pecahan di Kelas VI SD"
3. Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan kajian di muka yang menjadi fokus masalah penelitian ini adalah tentang kesulitan siswa mengubah bilangan pecahan biasa menjadi bilangan pecahan desimal. Penulis mengidentifikasi beberapa kesulitan siswa sebagai berikut:
1. Siswa belum menguasai perkalian 1 sampai 10.
2. siswa belum terampil mengerjakan pembagian dengan teknik bagi kurung.
3. Hasil tes hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan.
Atas dasar hal tersebut, penulis selanjutnya merumuskan masalah penelitian tersebut dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:
1. Bagaimana menggunakan metode drill dalam pembelajaran matematika topik mengubah bilangan pecahan biasa menjadi bilangan pecahan desimal?
2. Bagaimana melatih keterampilan siswa mengerjakan pembagian dengan teknik bagi kurung?
3. Adakah perubahan hasil belajar siswa setelah menguasai perkalian 1 sampai 10 dan keterampilan pembagian dengan teknik bagi kurung?
4. Cara Pemecahan Masalah
Untuk memecahkan masalah yang dihadapi penulis merancang sebuah pembelajaran dengan menggunakan metode drill yang dianggap dapat menjawab permasalahan yang dihadapi tersebut. Adapun teknik pelaksanaannya sebagai berikut :
1. setiap siswa diminta untuk menuliskan perkalian 1 sampai 10
2. Setiap siswa menghapalkan perkalianyang telah dibuatnya.
3. guru mengetes kemampuan hapalan perkalian siswa.
4. Guru mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya dalam menghapalkan perkalian.
5. Pembelajaran dibagi menjadi tiga level kelompok siswa
6.........
5. Tujuan dan Manfaat Penelitian
5.1 Tujuan Penelitian
a. Tujuan Umum
Tujuan umum dari ptk ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan siswa tentang mengubah bilangan pecahan biasa menjadi bilangan pecahan desimalmelalui peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan membagi dengan teknik bagi kurung di kelas VI SDn..
b. Tujuan Khusus
Membimbing siswa dalam pembelajaran Matematika agar memilikiketerampilan merubah bilangan pecahan desimal melalui peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan membagi teknik bagi kurung.
5.2 Manfaat Penelitian
a. Untuk Guru
1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, terutamadalam pembelajaran matematika topik mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal
2. Guru dapat mengatasi masalah-masalh pembelajaran yang dihadapi terutama dalam pembelajaran matematika topik...
b. Untuk Siswa
1. Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyelesaikan soal matematika topik mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan desimal.
2. Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika
c. Untuk Sekolah
1. Memiliki tenaga profesional
2. Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika
3. Memiliki output pendidikan yang berkualitas
6. Kerangka Teoritis dan Hipotesis
6.1 Kerangka Teoritis
a. Bilangan pecahan merupakan bentuk bilangan rasional. Bilangan rasional adalah bilangan yang anggotanya dapat dinyatakan dengan p/q dimana p dan q sembarang bilangan bulat, dan q#0 (Budi Kustoro 15:541)
b. Setiap bilangan pecahan selalu ada bilangan desimalnya (Budi Kustoro, 15 : 542)
c........
6.2 Hipotesis
Untuk menjawab permasalahan yang diajukan dalam PTK ini penulis merumuskan hipotesis sebagai berikut:
a. Jika siswa menguasai perkalian 1 sampai 10 dan membagi dengan teknik bagi kurung maka siswa akan mampu mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal.
b. jika siswa mampu menyelesaikan soal mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dengan benar, maka hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika topik mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan desimal
7. Rencana PTK
a. Penataan dan Lokasi Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan di.........pada jam pelajaran matematika pukul........dengan jumlah siswa.sebanyak....orang terdiri...lai-lai dan ....perempuan
b. Faktor yang diselidiki
Siswa : 1) kemampuan siswa dalam menguasai perkalian 1s.d 10
2) kemampuan siswa dalam membagi dengan teknik bagi kurung
3) hubungan penguasaan siswa terhadap perkalian dan pembagian denga hasil belajar siswa
Guru : 1) penguasaan guru terhadap materi pelajaran
2) metodologi yang digunakan guru
c. Rencana Kegiatan
1) Tahap Perencanaan
a. menginventarisir bahan ajar......
b. menentukan metode dan teknik pembelajarn yang cocok untuk materi pembelajaran.......
c. menyusun RPP
d. menyusun langkah-langkah kegiatan
e. menyusun instrumen penelitian
2)Tahap Tindakan dan Pengamatan
a. mengkondisikan siswa ke arah pembelajaran
b. siswa bersama-sama mebacakan perkalian 1 s.d. 10
c. secara perorangan guru mengetes kemampuan siswa
d.......
3) Refleksi
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, guru peneliti dan peneliti mitra mengadakan diskusi tentang kegiatan pembelajaran. hasil refleksi dijadikan pedoman untuk melaksanakan tindakan pada siklus berikutnya.
4) Teknik Pengumpulan Data
Alat yang digunakan untuk memperoleh berbagai informasi data berupa lembar pengamatan,dan lembar soal

Posting Komentar

0 Komentar