Terbaru

6/recent/ticker-posts

PROTA IPA KELAS 4

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : ------------------
Tahun Pelajaran     : -----------------
Kelas                        : IV


Smt    No    Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar    Alokasi waktu    Keterangan      
1    1










2








3




4





5






6
    Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Memahami  hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
1.1    Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2    Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3    Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4    Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
2.1    Menjelaskan  hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2    Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3    Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4    Menjelaskan  hubungan antara bunga  dengan fungsinya
Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya
3.1    Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2    Menggolongkan hewan berdasarkan jenis        makanannya
Memahami daur hidup  beragam jenis makhluk hidup
4.1    Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2    Menunjukkan kepedulian  terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
Memahami hubungan sesama makhluk  hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis)  dan  hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2   Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Benda dan Sifatnya
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda  berdasarkan sifatnya
6.1   Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2   Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud  cair àpadat à cair; cair à gas à cair;  padat à gas
6.3   Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya
Ulangan harian
   

          
               J U M L A H           

   

Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................... )        ...................., ............
Guru Mapel Sains




( ............................... )   

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.



PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : ...................................
Tahun Pelajaran     : ................................
Kelas                        : IV


Smt    No    Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar    Alokasi waktu    Keterangan      
2    7







8











9





10









11




    Energi dan Perubahannya
Memahami gaya  dapat  mengubah  gerak dan/atau  bentuk suatu benda
7.1  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta  sifat-sifatnya
8.2  Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
8.3  Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan  perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,  misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik
Bumi dan Alam Semesta
Memahami  perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
9.1  Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2  Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari
Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan
Ulangan harian
   

          
               J U M L A H           

   

Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................... )        ...................., ............
Guru Mapel Sains




( ............................... )   

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.

Posting Komentar

0 Komentar