Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 5/1: Mengeja dan nenyalin tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks sekolah.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD                                                         Pertemuan                     : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                    Metode                           : Contextual Learning
Sekolah/Semester      : V (lima)/Semester I                             Alokasi Waktu               : … x 1 jam pelajaran
Tema                           : Telling the Time
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
3.   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah.
4.   Mengeja dan nenyalin tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks sekolah.
Kompetensi Dasar:
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instrusi secara berterima dalam konteks sekolah.
2.1Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi petunjuk.
3.1           Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yangmelibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
4.1 Mengeja kalimat sederhana secara tepat dan berterima.
Indikator:
F Siswa mampu merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks sekolah.
F Siswa mampu bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi petunjuk.
F Siswa mampu membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa dan kalimat sangat sederhana.
F Siswa mampu mengeja kalimat sederhana secara tepat dan  berterima.
A.   Tujuan Pembelajaran
F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dan lancar dalam wacana (teks) transaksional (percakapan) dan atau monolog pendek yang berbentuk descriptive  sederhana tentang waktu.
B.   Materi Pembelajaran
Telling the Time
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan waktu.
Prasyarat   : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang waktu.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan waktu.
Siswa         : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang waktu.
III.  Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang waktu.
E.   Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F Kamus Bahasa Inggris
F Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
-     Fill in the blanks!
-     Answer the following questions!
2.   Spoken Test
-     Practise these dialogues!
-     Complete the dialogues below, then practise them!                           

      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran

      _________________                                                                                                        _________________
      NIP                                                                                                                                    NIP         

Posting Komentar

0 Komentar