Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 5/1: Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD                                                         Pertemuan                     : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                    Metode                           : Contextual Learning
Sekolah/Semester      : V (lima) /Semester I                            Alokasi Waktu               : …x 1 jam pelajaran
Tema                           : Calendar
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
3.   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah.
4.   Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks sekolah.
Kompetensi Dasar:
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks sekolah.
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan memberi barang dan menerima barang.
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa dan kalimat sangat sederhana.
4.1 Mengeja kalimat sederhana secara tepat dan berterima.
Indikator :
F Siswa mampu merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks sekolah.
F Siswa mampu bercakap-cakap untuk menyerai tindakan memberi barang dan menerima barang.
F Siswa mampu membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa dan kalimat sangat sederhana.
F Siswa mampu mengeja kalimat sederhana secara tepat dan  berterima.
A.   Tujuan Pembelajaran
F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dan lancar dalam wacana (teks) transaksional (percakapan) dan atau monolog pendek yang berbentuk descriptive sederhana tentang kalender.
B.   Materi Pembelajaran
Calendar
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan kalender.
Prasyarat    : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang kalender.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan kalender.
Siswa         : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang kalender.
III.  Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang kalender.
E.   Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F Kamus Bahasa Inggris
F Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
-     Fill in the blanks!
-     Answer the following questions!
2.   Spoken Test
-     Practise these dialogues!
-     Complete the dialogues below, then practise them!                           

      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran


      _________________                                                                                                        _________________
      NIP                                                                                                                                    NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SD                                                         Pertemuan                     : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                    Metode                           : Contextual Learning
Sekolah/Semester      : V(lima)/Semester I                              Alokasi Waktu               : … x 1 jam pelajaran
Tema                           : Toys and Games
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
3.   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah.
4.   Mengeja dan nenyalin tulisan bahasa Inggris sederhana dalam konteks sekolah.
Kompetensi Dasar:
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks sekolah.
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta atau memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur melarang.
2.3 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Do you mind....
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa dan kalimat sangat sederhana.
4.1 Mengeja kalimat sederhana secara tepat dan berterima.
Indikator:
F Siswa mampu merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks sekolah.
F Siswa mampu  bercakap-cakap untuk meminta atau memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur melarang.
F Siswa mampu mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Do you mind....
F Siswa mampu membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa dan kalimat sangat sederhana.
F Siswa mampu mengeja kalimat sederhana secara tepat dan  berterima.
A.   Tujuan Pembelajaran
F Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dan lancar dalam wacana (teks) transaksional (percakapan) dan atau monolog pendek yang berbentuk descriptive sederhana tentang mainan dan permainan.
B.   Materi Pembelajaran
Toys and Games
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan macam-macam mainan dan permainan.
Prasyarat   : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang mainan dan permainan.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan mainan dan permainan.
Siswa         : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang mainan dan permainan.
III.  Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang mainan dan permainan.
E.   Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F Kamus Bahasa Inggris
F Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
-     Fill in the blanks!
-     Answer the following questions!
2.   Spoken Test
-     Practise these dialogues!
-     Complete the dialogues below, then practise them!                                           

      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran


      _________________                                                                                                        _________________
      NIP                                                                                                                                    NIP         

Posting Komentar

0 Komentar