Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 6/1: Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SD                                                     Pertemuan                           : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                Metode                                 : Contextual Learning
Sekolah/Semester      : VI (enam)/Semester I                      Alokasi Waktu                     : …x 1 jam pelajaran
Tema                           : Shape
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
1.   Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
3.   Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
4.   Menulis teks fungsionsl pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
Kompetensi Dasar:
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk.
3.1 Membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.
4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
Indikator :
F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.
F   Siswa mampu bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk.
F   Siswa mampu membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.
F   Siswa mampu menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
A.   Tujuan Pembelajaran
F   Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang berhubungan dengan bentuk suatu benda.
B.   Materi Pembelajaran
Shape
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan bentuk suatu benda.
Prasyarat   : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang bentuk suatu benda.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan bentuk suatu benda.
Siswa         : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang bentuk suatu bendai.
III.  Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang bentuk suatu benda.
E.   Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F   Kamus Bahasa Inggris
F   Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
-     Fill in the blanks!
-     Answer the following questions!
2.   Spoken Test
-     Practise these dialogues!
-     Complete the dialogues below, then practise them!                           

      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran


      _________________                                                                                                        _________________
      NIP                                                                                                                                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar