Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 6/1: Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SD                                                     Pertemuan                           : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                Metode                                 : Contextual Learning
Sekolah/Semester      : VI (enam)/Semester I                      Alokasi Waktu                     : … x 1 jam pelajaran
Tema                           : Ownership
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
1.   Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik.
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
3.   Memahami teks fungsional pendek dan diskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
4.   Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
Kompetensi Dasar:
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.
1.2 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar.
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar dan memberi pendapat.
3.1 Membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.
3.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
Indikator :
F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas.
F   Siswa mampu memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar.
F   Siswa mampu bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar dan memberi pendapat.
F   Siswa mampu membaca dengan nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima.
F   Siswa mampu menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.
A.   Tujuan Pembelajaran
F   Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang berhubungan dengan tema kepemilikan.
B.   Materi Pembelajaran
Ownership
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan tema kepemilikan.
Prasyarat   : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang tema kepemilikan.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan tema kepemilikan.
Siswa         : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang tema kepemilikan.
III.  Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang tema kepemilikan.
E.   Sumber Belajar
F   Buku yang berhubungan dengan tema
F   Kamus Bahasa Inggris
F   Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
-     Fill in the blanks!
-     Answer the following questions!
2.   Spoken Test
-     Practise these dialogues!
-     Complete the dialogues below, then practise them!
      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran

      _________________                                                                                                        _________________
     NIP                                                                                                 NIP

Posting Komentar

0 Komentar