RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I (satu)/Semester I
Tema : Colours
Pertemuan : ….
Metode : Contextual Learning
Alokasi Waktu : …X 1 jam pelajaran
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
Berkomunikasi secara lisan dalam wacana yang sangat sederhana yang disajikan dalam suasana bermain secara fisik atau/dan verbal.
Kompetensi Dasar:
1. Mendengarkan
Kemampuan memahami dan menanggapi sapaan, instruksi, dan informasi singkat dan sangat sederhana , secara fisik atau/dan verbal.
2. Berbicara
Kemampuan mengucapkan dengan benar kata atau frasa sederhana yang telah diajarkan.
Indikator:
1. Siswa mampu memahami dan menanggapi sapaan, instruksi, dan informasi singkat dan sangat sederhana, secara fisik atau/dan verbal yang sesuai dengan tema colours.
2. Siswa Mampu mengucapkan dengan benar kata, atau frasa sederhana yang telah diajarkan yang sesuai dengan tema colours.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dalam wacana yang sangat sederhana yang berkaitan dengan warna.
B. Materi Pembelajaran
F Colours
C. Metode Pembelajaran
F Contextual Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan
I. Pendahuluan
1. Motivasi : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata yang berhubungan dengan warna.
2. Prasyarat : Siswa telah menguasai kosakata dasar tentang warna.
II. Kegiatan
1. Guru : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan warna.
2. Siswa : Mampu memahani kosakata dan ungkapan tentang warna.
III. Kegiatan Penutup
3. Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang warna.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku yang berhubungan dengan tema.
- Kamus
- Gambar dan media penunjang
F. Penilaian
1. Written Test
- Fill in the missing letters!
- Match!
2. Spoken Test
- Practise the dialogues!
- Complete the dialogues below, then practise them!
Mengetahui
Kepala SD Guru Mata Pelajaran
_________________ _________________
NIP NIP
0 Komentar