RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : II/1
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya).
1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengetahui berbagai tempat hidup makhluk hidup.
2. Mengetahui makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan bagi manusia.
B. Materi Pembelajaran
• Tempat hidup makhluk hidup
• Makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikan manusia
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah
• Diskusi
• Pengamatan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2. Siswa telah membaca materi tentang tempat hidup makhluk hidup.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menguraikan materi tentang tempat hidup makhluk hidup.
2. Siswa memahami materi yang telah disampaikan guru, kemudian mencatatnya.
3. Siswa bersama kelompoknya mengamati dan mencatat hewan dan tumbuhan yang ada di sekitarnya.
4. Siswa mencatat manfaat dari hewan dan tumbuhan yang ada di sekitarnya.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku IPA SD kelas II
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
Contoh soal: Uraian
1. Apakah yang dimaksud dengan habitat?
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk Instrumen: Portofolio
Siswa menuliskan nama gambar hewan dan tumbuhan yang ada pada teks, kemudian mewarnainya berdasarkan habitatnya.
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar