Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 3/ 1: Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang memengaruhi perubahan pada makhluk hidup. 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan                : SD
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                     : III/1

Standar Kompetensi:
1.   Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang memengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

Kompetensi Dasar:
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (makanan, rekreasi, istirahat, dan olahraga).


Alokasi Waktu:  .... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.   Menjelaskan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup selama masa pertumbuhan dan perkembangannya.
2.   Mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

B.  Materi Pembelajaran
    Perubahan pada makhluk hidup

C.  Metode Pembelajaran
Observasi, diskusi, dan praktik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2.   Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama.

II.   Kegiatan Inti
1.   Guru memberikan penjelasan mengenai pertumbuhan makhluk hidup dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
2.   Siswa melakukan praktik untuk mengukur pertumbuhan yang dialaminya.
3.   Siswa melakukan pengamatan terhadap pertumbuhan katak dari kecebong sampai menjadi katak dewasa.

III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.

E.     Sumber Belajar
1.   Buku materi IPA SD kelas III
2.   Referensi lain yang relevan
3.   Alat dan bahan praktikum

F.     Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Isian:
1.   Pertumbuhan yang sehat dipengaruhi oleh makanan yang ....

II.   Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Tes Praktik
      Siswa melakukan praktik untuk mengetahui kandungan boraks pada makanan.
                                                                                                         
Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP

Posting Komentar

0 Komentar