Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 3/ 1: Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan                : SD
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                     : III/1

Standar Kompetensi:
2.   Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.

Kompetensi Dasar:
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

Alokasi Waktu:  .... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.   Membandingkan perbedaan antara lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
2.   Menjelaskan pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan masyarakat.
3.   Mempraktikkan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

B.  Materi Pembelajaran
    Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
    Pengaruh lingkungann terhadap kesehatan
    Memelihara kesehatan lingkungan

C.  Metode Pembelajaran
Observasi, diskusi, dan praktik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2.   Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama.

II.   Kegiatan Inti
1.   Guru memberikan penjelasan mengenai materi lingkungan dan kesehatan.
2.   Siswa mengamati lingkungan sekitar sekolahnya untuk mengidentifikasi keadaannya.
3.   Siswa melakukan diskusi untuk membahas hasil pengamatannya.
4.   Siswa mencari informasi mengenai jenis dari penyebab pencemaran serta akibatnya bagi kesehatan.

III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E.     Sumber Belajar
1.   Buku materi IPA SD kelas III
2.   Referensi lain yang relevan
3.   Alat dan bahan praktikum

F.     Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Uraian:
1.   Sebutkan 4 macam pencemaran dan polutannya!

II.   Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Tes Praktik
      Siswa mengamati lingkungan sekitarnya untuk melihat kondisi lingkungan sekitar rumahnya.
                                                                                                         
Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP


Posting Komentar

0 Komentar