Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 3/ 1: Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda, dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan                : SD
Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas/Semester                     : III/1

Standar Kompetensi:
3.   Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda, dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar:
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.

Alokasi Waktu:  .... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.   Mengamati perubahan sifat yang terjadi pada benda.
2.   Menjelaskan perubahan benda akibat beberapa perlakuan.
3.   Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda.

B.  Materi Pembelajaran
    Perubahan sifat benda

C.  Metode Pembelajaran
Observasi, diskusi, dan praktik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2.   Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama.

II.   Kegiatan Inti
1.   Guru memberikan penjelasan mengenai perubahan sifat benda.
2.   Siswa melakukan praktik bersama kelompoknya untuk mengetahui perubahan sifat benda.
3.   Siswa mengamati perubahan yang terjadi pada kertas sebelum dan sesudah dibakar.

III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.

E.     Sumber Belajar
1.   Buku materi IPA SD kelas III
2.   Referensi lain yang relevan
3.   Alat dan bahan praktikum

F.     Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Pilihan Ganda:
1.   Kertas yang dibakar akan menghasilkan ....
a.   arang
b.   abu
c.   tanah
d.   debu
II.   Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Tes Praktik
      Siswa melakukan praktik untuk mengetahui perubahan benda yang didiamkan di udara terbuka.
                                                                                                         
Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP



Posting Komentar

0 Komentar