Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 4/ 1: Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan      :   SD
Kelas/semester            :   IV/1
Mata Pelajaran              :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran            :   2008/2009

Standar Kompetensi
1.   Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.

Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.
1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dan fungsinya.
1.4 Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indra.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran.
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.   Menjelaskan fungsi kerangka bagi manusia berdasarkan strukturnya.
2.   Mengetahui dan menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka.
3.   Menjelaskan fungsi masing-masing indra pada manusia.
4.   Melakukan perawatan dan pemeliharaan kesehatan panca indra.

B.  Materi Pembelajaran
     Rangka Manusia
     Cara Merawat Rangka
     Indra Manusia
     Cara Merawat Panca Indra

C.  Metode Pembelajaran
     Ceramah, diskusi, dan praktik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2.   Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama.
II.   Kegiatan Inti
1.   Siswa melakukan praktik tentang sikap tubuh dan kepekaan indra pembau secara berkelompok.
2.   Siswa mendiskusikan hasil praktiknya dan menjawab pertanyaan diskusi.
3.   Siswa secara mandiri melengkapi bagan bagian-bagian rangka manusia dan menjawab soal-soal latihan.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku IPA SD kelas IV
2.   Referensi lain yang relevan
3.   Alat-alat praktik
F.   Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
      Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
      Contoh soal: isian
1.   Ujung lidah peka terhadap makanan yang rasanya ….

II.   Kinerja Ilmiah
      Bentuk Instrumen: Tes praktik.
      Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui batas kepekaan saraf pengecapnya.


                    
                                                                                                         
Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP


Posting Komentar

0 Komentar