RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : VI/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran :
Standar Kompetensi:
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.
Kompetensi Dasar:
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
4.2 Mendeskripsikan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat.
Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mendata jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
2. Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup.
3. Mengetahui manfaat melestarikan makhluk hidup bagi manusia.
B. Materi Pembelajaran
• Hewan dan tumbuhan langka
• Pelestarian makhluk hidup
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, observasi
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.
II. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan mengenai pelestarian makhluk hidup.
2. Siswa secara berkelompok melakukan diskusi untuk membuat daftar nama-nama hewan yang dilindungi di Indonesia beserta asalnya.
3. Siswa mencari informasi mengenai usaha pelestarian makhluk hidup dan membuat kliping.
4. Siswa melakukan kunjungan ke kebun binatang kemudian membuat laporan mengenai jenis-jenis hewan yang ada dan asalnya.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku materi IPA kelas VI SD
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Isian:
1. Tempat untuk melindungi hewan langka disebut ....
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Portofolio
Siswa mengunjungi pasar hewan yang ada di daerahnya untuk mengetahui hewan yang dijual di sana.
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar