Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPS SD KELAS 3/I: Memahami lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah 4





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : III/1
Mata Pelajaran        : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Standar Kompetensi :
1.  Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.

Kompetensi Dasar :
1.4 Melakukan kerja sama di lingkungan sekolah, rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.

Indikator :
1.  Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja sama.
2.  Menguraikan makna gotong royong dan manfaat kerja sama.

Alokasi Waktu : ... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.  Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerja sama.
2.  Menjelaskan gotong royong dan manfaat dari kerja sama.

B.  Materi Pembelajaran
1.  Bentuk-bentuk kerja sama
2.  Gotong-royong dan manfaat kerja sama

C.  Metode Pembelajaran
1.  Ceramah bervariasi
2.  Diskusi
3.  Inquiri (pemeriksaan dengan system interview)
4.  Tanya jawab
5.  Simulasi
6.  Observasi
(Menyesuaikan dengan situasi KBM)

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
1.  Bentuk-Bentuk Kerja Sama
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka mengenai kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
2.  Guru dan siswa tanya jawab tentang kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
3.  Guru menjelaskan menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
4.  Guru memberikan ringkasan materi.
5.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
6.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

2.  Gotong Royong dan Manfaat Kerja Sama
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Guru menceritakan pengalaman melakukan gotong royong dan manfaat kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
2.  Guru dan siswa tanya jawab tentang pengalaman melakukan gotong royong dan manfaat kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa.
3.  Guru memberikan ringkasan materi.
4.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
5.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
II.  Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.  Sumber Belajar
1.  Buku IPS SD Kelas III
2.  LKS Fokus
3.  Referensi lain yang relevan

F.  Penilaian Hasil Belajar
I.   Penguasaan Konsep
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, jawab singkat, menjodohkan, dan uraian.
Contoh soal         : Manfaat apa yang kamu peroleh melalui kerja sama?



II.  Penerapan
Bentuk instrumen             : Portofolio
Contoh soal         : Tuliskan bangunan umum di lingkungan sekitarmu! Uraikan bagaimana bangunan itu bisa berdiri!


Mengetahui,
Kepala Sekolah,


___________________
NIP
………………., ……
       Guru Kelas,


___________________
NIP

Posting Komentar

0 Komentar