Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPS SD KELAS IV/I: Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : IV/Ganjil
Mata Pelajaran        : IPS

Standar Kompetensi:
1.  Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota, dan provinsi.

Kompetensi Dasar:
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.

Indikator:
-    Menganalisis kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.

Alokasi Waktu: ... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.  Mengetahui pengertian kenampakan alam.
2.  Menjelaskan jenis-jenis kenampakan alam, baik daratan maupun perairan.
3.  Memahami kenampakan alam, sosial, dan budaya setempat.
4.  Memahami berbagai peristiwa alam serta pengaruhnya terhadap kehidupan sosial.

B.  Materi Pembelajaran
1.  Kenampakan alam, sosial, dan budaya setempat.
2.  Berbagai peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial.

C.  Metode Pembelajaran
1.  Ceramah bervariasi
2.  Diskusi
3.  Inquiri
4.  Tanya jawab
5.  Simulasi
6.  Observasi/pengamatan

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
1.  Kenampakan Alam, Sosial, dan Budaya Setempat
a.  Kegiatan Pendahuluan
1)  Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2)  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b.  Kegiatan Inti
1)  Secara individu, siswa menjawab pertanyaan uraian.
2)  Bersama teman satu meja, mengamati kenampakan alam di sekitar tempat tinggal.
3)  Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami.
c.  Kegiatan Penutup
1)  Guru memberi solusi materi yang belum dipahami siswa
2)  Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar.
3)  Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap siswa terhadap materi yang baru saja dipelajari.
2.  Berbagai Peristiwa Alam dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Sosial
a.  Kegiatan Pendahuluan
1)  Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2)  Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b.  Kegiatan Inti
1)  Secara individu, siswa mencari informasi tentang gunung berapi di Indonesia yang pernah meletus.
2)  Bersama teman satu meja, siswa memberikan penjelasan perbuatan dan kerugian yang ditimbulkannya.
3)  Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami.
c.  Kegiatan penutup
1)  Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2)  Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.

E.  Sumber Belajar
1.  Buku IPS SD Kelas IV
2.  Referensi lain yang relevan

F.  Penilaian Hasil Belajar
1.  Penguasaan konsep
a.  Pilihan ganda
b.  Isian
c.  Uraian
2.  Penerapan
a.  Penilaian proyek
b.  Penilaian sikap






     Mengetahui                                                                                      …………………, ……
     Kepala Sekolah                                                                                Guru Mata Pelajaran



     _________________                                                              _________________
     NIP                                                                                                  NIP

Posting Komentar

0 Komentar