| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : IV/Ganjil Mata Pelajaran : IPS |
Standar Kompetensi:
1. Memahami sejarah kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota, dan provinsi.
Kompetensi Dasar:
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
Indikator:
- Mendeskripsikan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
Alokasi Waktu: ... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Mengetahui jenis-jenis sumber daya alam menurut sifat dan asal materinya.
2. Memahami sumber daya alam yang ada dilingkungan setempat.
3. Memahami manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
4. Memahami hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
2. Manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.
3. Hubungan sumber daya alam dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Sumber Daya Alam yang Ada di Lingkungan Setempat
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2) Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
1) Secara individu, siswa menyebutkan sumber daya alam yang ada di daerahnya.
2) Bersama teman satu meja, siswa mendiskusikan pertanyaan mengenai klasifikasi sumber daya alam.
3) Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2) Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
2. Manfaat Sumber Daya Alam yang Ada di Lingkungan Setempat
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2) Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
1) Secara individu, siswa menyebutkan alat pemuas kebutuhan yang terbuat dari bahan sumber daya alam.
2) Bersama teman satu meja, siswa menyebutkan manfaat dari sumber daya alam.
3) Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
3. Hubungan Sumber Daya Alam dengan Kegiatan Ekonomi Masyarakat
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2) Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
1) Secara individu, siswa mengamati mata pencaharian penduduk di daerahnya.
2) Bersama teman satu meja, siswa mengamati jenis kegiatan ekonomi di provinsinya.
3) Siswa bertanya kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami.
c. Kegiatan Penutup
1) Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2) Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
• Buku IPS SD Kelas IV dan referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil
1. Penguasaan konsep
a. Pilihan ganda
b. Isian
c. Uraian
2. Penerapan
a. Penilaian proyek
b. Penilaian sikap
Mengetahui …………………, ……
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_________________ _________________
NIP NIP
0 Komentar