RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) | ||
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : I/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa | ||
Standar Kompetensi:
1 mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi atau suara dan bunyi bahasa pesan ungkapan cerita dongeng percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah
2 mampu mengungkapkan pikiran pendapat gagasan dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah ungguh yang berlaku
3 mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca lancar bersuara beberapa kalimat sederhana
4 mampu menulis kata dengan huruf lepas dan huruf sambung
5 mampu mengapresiasikan susastra jawa
Kompetensi Dasar:
1 1 mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi atau suara atau bunyi bahasa
2 1 memperkenalkan diri menggunakan kalimat sederhana
3 1 membaca bersuara atau membaca nyaring
4 1 menulis kata sederhana dengan huruf lepas
5 1 mengapresiasi cerita atau dongeng
Indikator:
· siswa mampu menyimak dan menuliskan suara suara hewan
· siswa mampu memperkenalkan diri dengan kalimat yang benar
· siswa mampu membaca bersuara dengan benar
· siswa mampu menulis kata dengan benar
· siswa mampu mengapresiasi cerita dongeng
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu
1. menyimak dan menirukan suara binatang dan kendaraan
2. memperkenalkan diri di depan kelas
3. membaca dengan lafal yang benar
4. menulis dan merangkai kata
5. menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara menyimak dan menirukan bunyi suara hewan, mengenalkan diri, membaca bersuara, merangkai kata, memahami isi dongeng.
2. Siswa mengamati dan merespons penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa SD Kelas I
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : sadurunge turu becike … dhisik
a dolanan
b sikatan
c mangan
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal :
tema subtema kelas/semester | : diri sendiri : nulis : I/I | jeneng tanggal wektu | : …………………... : …………………... : …………………... |
1 masalah : kepriye carane ngerteni surasane (isi) wacan
2 wangsulan sawetara : ……………………………………………………………………
3 parentah : tulisen surasane wacan sing kokwaca
4 pituduh : a goleka wacan sing paling koksenengi
b wacanen isi wacan kasebut
c golekna surasane (isi) wacan
d tulisen ing papan ngisor iki
5 ajang gladhen :
……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. |
dudutan/simpulan: ……………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
skor | aspek kang dibiji | biji | biji akir | tepak asma | |
guru | tiyang sepuh | ||||
A : 8,5 - 10 B : 7,5 – 8,4 C : 6,5 – 7,4 D : 0 – 6,4 | 1 panulisaning tembung 2 pangrakiting ukara | ……… ……… | ……. | ………... | ………… |
0 Komentar