RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : II/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan pesan, ungkapan, cerita, dongeng, atau percakapan sederhana.
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik membaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa cerita wayang, dongeng, dan geguritan.
4. Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang berlaku.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mendengarkan dan memahami pesan lisan yang bertema keluarga (hubungan kekerabatan).
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari.
3.2 Membaca bersuara.
4.1 Menulis kalimat sederhana.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa, misal cerita wayang.
Indikator:
· Siswa mampu menyimak dan memahami pesan lisan.
· Siswa mampu menceritakan kegiyatannya sehari-hari.
· Siswa mampu membaca dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Siswa mampu menulis kalimat dengan benar.
· Siswa mampu mengapresiasi cerita wayang.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menyimak pesan yang disampaikan.
2. Menceritakan kegiyatan yang dilakukan setiap hari.
3. Membaca dengan lafal dan intonasi yang benar.
4. Menulis dan merangkai kalimat sederhana.
5. Memahami cerita wayang.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara menyimak dan memahami pesan lisan, menceritakan kegiatan sehari-hari, membaca bersuara, menulis kalimat sederhana, mengapresiasi cerita wayang.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa SD Kelas II.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Sadurunge mapan turu, Eka … dhisik.
a. disikat
b. sikatna
c. sikatan
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal :

Tema Subtema Kelas/Semester | : Diri Sendiri : Micara : II/I | Jeneng Tanggal Wektu | : …………………... : …………………... : …………………... |
1. Masalah : Kegiyatan apa sing koktindakake ana ing sekolahan?
2. Wangsulan sawetara : ……………………………………………………………………
3. Parentah : Critakna jinis kegiyatan kang koktindakake nalika ana sekolah!
4. Pituduh : Critakna kegiyatan kang koktindakake ana ing sekolah! Tulisen kanthi urut ana ing papan ngisor iki!
5. Ajang gladhen :
Wangsulan |
……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. |
Dudutan/simpulan: ……………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Skor | Aspek kang Dibiji | Biji | Biji Akir | Tepak Asma | |
Guru | Tiyang Sepuh | ||||
A : 8,5 - 10 B : 7,5 – 8,4 C : 6,5 – 7,4 D : 0 – 6,4 | 1. Runtute crita 2. Pilihan tembung 3. Isining crita | …….... …….... …….... | ……… | …………. | ………… |
0 Komentar