Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP PENJAS ORKES SD KELAS 3 /I: Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : III/Ganjil
Mata Pelajaran        : Penjasorkes

Standar Kompetensi:
2.  Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar:
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin.
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin.

Indikator:
1.    Siswa melakukan gerakan untuk melatih kekuatan otot bahu dan dada seperti teknik mendorong tembok, tarik-menarik, push-up, dan gerakan jalan kepiting.
2.    Siswa melakukan gerakan untuk melatih daya tahan seperti melakukan lari dengan tempo lambat dalam waktu 10 menit, melakukan lompat tali perseorangan, dan melakukan lompat tali beregu.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Mempraktikkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot bahu dan dada.
2.    Mempraktikkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan.

B.   Materi Pembelajaran
1.    Bentuk latihan untuk mengingkatkan kekuatan otot bahu dan dada.
2.    Bentuk latihan untuk mengingkatkan daya tahan.

C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi

6.   Observasi/pengamatan
      (Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
b.   Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
a.   Guru memberikan penjelasan pada siswa tentang materi pembelajaran dan memberikan contoh pelaksanaannya.
b.   Siswa mempraktikkan push-up, gerobak dorong, saling menarik, lompat tali, gerakan jalan kepiting, lari dalam tempo lambat dalam waktu 10 menit, serta lompat tali perorangan dan beregu.
III.  Kegiatan Penutup
a.   Guru memberi solusi materi yang belum dipahami siswa.
b.   Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar dan praktik.
c.   Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang dipelajari.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Kelas 3.
2.   Referensi lain yang relevan.
3.   Alat-alat praktik: tembok, tali, matras, dan anak tangga.

F.   Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bentuk instrumen      :    Pilihan ganda, isian, jawab singkat, dan uraian.
Contoh soal             :    Bagaimana cara memutar tali dalam lompat tali beregu?
Uji Praktik
Contoh soal             :    Praktikkan gerakan saling mendorong!



       Mengetahui,
     Kepala Sekolah






__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                               Guru Mata Pelajran






                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar