Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP PENJAS ORKES SD KELAS 3 /I: Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : III/Ganjil
Mata Pelajaran        : Penjasorkes

Standar Kompetensi:
3.  Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar:
3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian.
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangkasan dasar, serta niali keselamatan, disiplin, dan keberanian.

Indikator:
1.    Siswa mengetahui dan mempraktikkan bentuk-bentuk latihan keseimbangan.
2.    Siswa mendeskripsikan dan mempraktikkan gerakan-gerakan untuk melatih ketangkasan.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Mempraktikkan bentuk-bentuk latihan keseimbangan dalam senam lantai.
2.    Mempraktikkan bentuk-bentuk gerak kombinasi senam ketangkasan tanpa alat dan dengan alat.

B.   Materi Pembelajaran
1.    Variasi berbagai latihan keseimbangan.
2.    Variasi berbagai latihan ketangkasan.

C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
      (Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
a.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
b.   Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
a.   Guru memberikan penjelasan pada siswa tentang materi pembelajaran dan memberikan contoh pelaksanaannya.
b.   Siswa mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai dan senam ketangkasan.
III.  Kegiatan Penutup
a.   Guru memberi solusi materi yang belum dipahami siswa.
b.   Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar dan praktik.
c.   Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang dipelajari.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Kelas 3.
2.   Referensi lain yang relevan.
3.   Alat-alat praktik: matras, balok titian, dan egrang.

F.   Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bentuk instrumen      :    Pilihan ganda, isian, jawab singkat, dan uraian.
Contoh soal             :    Jelaskan cara melakukan gerakan sikap kapal terbang!
Uji Praktik
Contoh soal             :    Praktikkan gerakan berdiri dengan kepala!



       Mengetahui,
     Kepala Sekolah






__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                               Guru Mata Pelajaran






                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar