Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP PENJAS ORKES SD KELAS 5 /I: Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : IV/Ganjil
Mata Pelajaran        : Penjasorkes

Standar Kompetensi:
4. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam gerak ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar:
4.1  Mempraktikkan Mempraktikkan pola jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin.
4.2  Mempraktikkan kombinasi pola gerak jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik, serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin.

Indikator:
1.    Siswa mempraktikkan pola jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik.
2.    Siswa mempraktikkan kombinasi pola gerak jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.     Melakukan pola jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik dengan benar dan baik.
2.     Melakukan kombinasi pola gerak jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik dengan baik dan benar.

B.   Materi Pembelajaran
1.     Langkah dasar jalan, lari, dan lompat dlam gerak ritmik.
2.     Kombinasi gerakan jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik.

C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
      (Menyesuaikan situasi KBM)


D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.      Kegiatan Pendahuluan
a.     Guru memberikan pre-test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
b.    Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan dipraktikkan.
II.     Kegiatan Inti
a.     Guru menjelaskan berbagai pola dan kombinasi jalan, lari, dan lompat dalam gerak ritmik.
b.    Siswa mempraktikkan berbagai pola dan kombinasi jalan, lari dan lompat yang diajarkan guru.
III.    Kegiatan Penutup
a.     Guru bersama siswa membuat kesimpulan materi yang dipelajari.
b.    Guru memberikan post-test untuk mengetahui daya serap materi.
c.     Guru memberikan tugas pengerjaan LKS. 

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Penjasorkes SD Kelas V
2.   Referensi lain yang relevan.
3.   Alat-alat praktik: matras, tape recorder, kaset, VCD/CD player.


F.   Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Contoh soal:                
Bagaimanakah sikap lutut dalam setiap gerakan senam irama?
Uji Praktik
Contoh soal:            
Buatlah rangkaian gerak senam irama dengan kombinasi jalan, lari, dan lompat kemudian peragakan di depan guru dan teman-temanmu!











         Mengetahui,
       Kepala Sekolah



__________________
NIP
………., ………………...……
                                    Guru Mata Pelajaran



                            _______________________
                            NIP

Posting Komentar

0 Komentar