RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
Model 221 - 2 mata pelajaran - 2 tingkatan kelas berbeda - 1 ruangan
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran/Topik : 1. IPS / Gejala alam
2. IPA / Alat pernapasan
Kelas/Semester : 4/1
5/1
Waktu : 1 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
IPS kelas 4
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
IPA kelas 5
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
II. Kompetensi Dasar
IPS kelas 4
1.2. Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kota/kabupaten dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.
IPA kelas 5
1.1. Mengidentifikasi organ pernapasan manusia.
III. Indikator
IPS kelas 4
· Mengidentifikasi gejala-gejala alam yang ada di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
IPA kelas 5
· Mengidentifikasi alat pernapasan manusia.
IV. Pokok Materi
IPS kelas 4
Gempa bumi dan gunung meletus.
IPA kelas 5
Alat pernapasan manusia.
V. Media dan Sumber Belajar
Kelas 4
Media : - Gambar
- Lakban
- Spidol
- Papan tulis
Sumber belajar : Buku ilmu pengetahuan sosial untuk SD kelas 4 hal karangan Tantya Hisnu P dan Winardi
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Kelas 5
Media : - Gambar
- Lakban
- Spidol
- Papan tulis
Sumber belajar : Buku ilmu pengetahuan alam kelas 5 hal 4-6 karangan S Rositawati dan Aris Muharam
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
VI. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
- Ceramah
VII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran | Kegiatan Siswa dan Guru | Waktu (menit) | |
Kelas IV | Kelas V | ||
Pendahuluan | - Mengucapkan salam - Berdo’a - Absensi - Apresiasi - Memotivasi Siswa - Menyampaikan tujuan pembelajaran | - Mengucapkan salam - Berdo’a - Absensi - Apresiasi - Memotivasi Siswa - Menyampaikan tujuan pembelajaran | 5 menit |
Penyajian | - Guru menjelaskan materi dengan menggunakan alat peraga. - Diberi tugas kelompok untuk mendiskusikan materi.
- Membahas hasil diskusi dan melakukan tanya jawab yang telah disampaikan. - Diberi penugasan mencatat hasil diskusi. | - Diberi tugas kelompok untuk mendiskusikan materi. - Guru menjelaskan materi dengan menggunakan alat peraga dan membahas hasil diskusi. - Diberi penugasan mencatat hasil diskusi.
- Melakukan tanya jawab. | 20 menit |
Penutup | - Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes. - Memberikan pencatatan rangkuman materi. | - Memberikan pencatatan rangkuman materi. - Memberikan tes tertulis dan membahas hasil tes. | 10 menit |
VIII. Evaluasi
Soal tes formatif kelas 4
1. Bagaimana terjadinya gempa bumi?
2. Bagaimana terjadinya gunung meletus?
3. Apa yang menyebabkan banjir?
4. Apa yang menyebabkan kekurangan air bersih?
Kunci jawaban
1. Gempa terjadi karena oleh aktifitas gunung berapi
2. Gunung meletus terjadi karena keluar magma dari perut bumi
3. Banjir terjadi karena tersumbatnya air dan kurangnya hutan untuk menyerap air
4. Kekurangan air bersih terjadi karena hutan gundul, buang sampah sembarangan dan alih fungsi hutan
Skor Penilaian
No. | Skor | |
1. | 25 | |
2. | 25 | |
3. | 25 | |
4. | 25 | |
Jumlah | 100 | |
Soal Formatif kelas 5
1. Apa alat pernapasan manusia?
2. Sebutkan 2 penyebab gangguan pernapasan manusia!
3. Sebutkan 2 cara memelihara alat pernapasan!
Kunci jawaban
1. Hidung
2. Asap, debu, bau tidak sedap
3. Menutup hidung, menjaga kebersihan, memeriksa ke dokter
Skor Perolehan
No. | Skor | |
1. | 20 | |
2. | 40 | |
3. | 40 | |
Jumlah | 100 | |
0 Komentar