Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1 dan IV / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga (Kelas 6)
4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah (Kelas 4)
Kompetensi Dasar
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana (Kelas 6)
4.1. Menentukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga (Kelas 4)
Indikator :
Kelas 6 :
- Menentukan luas bangun datar sederhana
- Menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan beberapa bangun datar sederhana
Kelas 4 :
- Menemukan keliling dan luas jajar genjang dan segi tiga
I. Tujuan Pembelajaran
Kelas 6 :
- Peserta didik dapat menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dua bangun datar sederhana
Kelas 4 :
- Peserta didik dapat menemukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga.
II. Materi Pembelajaran
- Kelas 6 : Luas bangun datar
- Kelas 4 : Keliling dan luas
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan (10 menit) :
1. Apersepsi :
- Absensi
- Guru memberikan informasi tentang materi yang akan dipelajari.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti (40 menit):
Kelas/ Semester : VI / 1 dan IV / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga (Kelas 6)
4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah (Kelas 4)
Kompetensi Dasar
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana (Kelas 6)
4.1. Menentukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga (Kelas 4)
Indikator :
Kelas 6 :
- Menentukan luas bangun datar sederhana
- Menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan beberapa bangun datar sederhana
Kelas 4 :
- Menemukan keliling dan luas jajar genjang dan segi tiga
I. Tujuan Pembelajaran
Kelas 6 :
- Peserta didik dapat menentukan luas segi banyak yang merupakan gabungan dua bangun datar sederhana
Kelas 4 :
- Peserta didik dapat menemukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga.
II. Materi Pembelajaran
- Kelas 6 : Luas bangun datar
- Kelas 4 : Keliling dan luas
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan (10 menit) :
1. Apersepsi :
- Absensi
- Guru memberikan informasi tentang materi yang akan dipelajari.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti (40 menit):
- Guru membagi siswa kelas 6 dan kelasd 4 menjadi masing-masing 6 kelompok.
- 1 kelompok kelas 6 digabung dengan 1 kelompok kelas 4 sehingga seluruhnya menjadi 6 kelompok yang terdiri dari kelas 6 dan kelas 4.
- Tiap kelompok diberi tugas untuk membuat 3 buah segitiga yang berbeda ukuran dari karton yang telah disediakan.
- Siswa kelas 4 dibantu siswa kelas 6 mengukur keliling dan luas dari segitiga segitiga tersebut dalam kelompoknya dan siswa kelas 6 merangkaikan 3 buah segitiga tersebut menjadi satu bangun dan menghitung luasnya
- Masing-masing kelompok diberi waktu 30 menit untuk menyelesaikan tugasnya
- Setelah 30 menit, guru meminta perwakilan dari kelompok kelas 4 untuk menuliskan hasil kerja kelompok mereka di depan kelas, bergantian dengan siswa kelas 6 dan meminta kelompok yang lain untuk memperhatikan dan memberikan koreksi jika ada kesalahan.
Penutup (20 menit):
1. Guru membimbing siswa kelas 6 dan kelas 4 untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Sumber :
- Buku Matematika Kelas 6
- Buku Matematika Kelas 4
- Buku pendukung lain yang relevan
Alat dan Bahan :
- Karton
- Gunting atau cutter
IV. Penilaian :
Jenis penilaian : Unjuk kerja, tertulis, proses
Bentuk tes : essay
0 Komentar