Terbaru

6/recent/ticker-posts

INAICTA 2012

Kategori Creative & Innovative New Media (Triple Play)

Semua karya inovasi TIK (piranti lunak, perangkat keras dan/atau kombinasinya) untuk menciptakan pengalaman baru dalam format multimedia dan interaktif. Yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah:
  • Digital Interactive Media (mobile dan/atau online),
  • Audio Applications & Tools,
  • Social Media Applications & Services
  • Aplikasi-aplikasi lainnya yang berhubungan dengan new media

Kategori Digital Entertainment

Semua karya inovasi TIK (piranti lunak, perangkat keras dan/atau kombinasinya) untuk hiburan dalam bentuk digital. Yang termasuk dalam kategori ini antara lain adalah:
  • Games (Advergames, online games, console games, mobile games),
  • Digital Animation (short/full movie, advertisement)
  • Aplikasi-aplikasi lainnya yang berhubungan dengan digital entertainment

Kategori e-Gov Application

Semua solusi TIK yang telah diimplementasikan dan telah memberikan nilai tambah pada berbagai bentuk jasa pelayanan publik dan proses internal administrasi pemerintahan. Nilai tambah tersebut hendaknya bisa terukur, antara lain pada peningkatan efisiensi, efektifitas, dan transparansi.
  • Didalam dokumen Deskripsi Karya, peserta harus melampirkan testimoni dari pengguna solusinya
  • Untuk mengikuti Penjurian Tahap 2, peserta harus didampingi oleh pengguna dari solusi yang sudah diimplementasikan tersebut.

Kategori e-Business & Industrial Application, Enterprise level

Solusi produk TIK yang dibuat secara inovatif dan creative, untuk membantu peningkatan hasil perusahaan skala besar dalam bidang revenue, customer services, efisiensi, produktifitas, dll. Contoh Aplikasi: Office Automation, ERP, Supply Chain Management, Hospital Information Systems, Financial Solution, logistics, SCADA, CAD, dan lain-lain

Kategori e-Business & Industrial Application, SME level

Solusi produk TIK yang dibuat secara inovatif dan creative, untuk membantu peningkatan hasil perusahaan skala UKM dalam bidang revenue, customer services, efisiensi, produktifitas, dll. Contoh : Aplikasi Akunting, Aplikasi Perhitungan Pajak, Aplikasi Bisnis, Aplikasi Apotik, Aplikasi Ritel, Aplikasi Micro Financing dan lain-lain.

Kategori Research and Development (R&D)

Karya inovasi TIK yang termasuk dalam kategori ini adalah produk hasil riset terapan dan pengembangan (R&D) yang harus sudah berupa prototipe atau produk jadi. Karya yang dimaksud tidak termasuk yang sudah dikomersialisasikan secara luas lebih dari 3 (tiga) bulan.

Kategori e-Inclusion

Setiap piranti lunak aplikasi, perangkat keras atau kombinasinya untuk mendukung dan mempromosikan hak-hak dan kebutuhan kelompok-kelompok tertentu yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan TIK (misalnya komunitas tuna daksa, tuna rungu, dsb, masyarakat terpencil, dll), atau untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup dan taraf hidup masyarakat dengan tujuan utama untuk menjembatani kesenjangan digital.

Kategori Startup Company

Kategori ini dibuat untuk memberikan apresiasi kepada Perusahaan TIK, yang masih dalam fase “Start-up”.
Perusahaan “Start-up” adalah Perusahaan TIK, yang melakukan pengembangan product TIK yang inovatif dan mempunyai keunggulan istimewa dibidangnya, dan perusahaan tsb masih dapat digolongkan sebagai masa awal dari pengembangan perusahaan. Perusahaan Start-up harus memenuhi kriteria sbb:
  • Perusahaan sudah berdiri secara legal, agar dapat di nominasikan.
  • Perusahaan tidak boleh berusia lebih dari 30 bulan, pada tanggal 14 Oktober 2012, yaitu Puncak Acara INAICTA 2012
  • Pendiri perusahaan dan pengembang utama produk harus merupakan pemegang saham terbesar dalam perusahaan
  • Perusahaan tidak boleh merupakan “anak perusahaan” dari Perusahaan Besar yang sudah mapan (“well established parent company”)
  • Perusahaan tidak boleh telah menerima investasi besar (melebihi 50%) dari “Venture Capital” atau investor lain, selain modal mereka sendiri.

Kategori e-learning (Tools and contents)

Semua karya inovasi dan karya kreatif memanfaatkan TIK , berupa aplikasi perangkat lunak untuk dokumentasi, administrasi, pelacakan, dan pelaporan program pelatihan, ruang kelas dan sesi-online dan program e-learning, dan isi pelatihan/konten pengajaran atau program e-learning dalam kerangka peningkatan kualitas sistem belajar dan mengajar.

Kategori Student, SD

Semua karya inovasi TIK yang dihasilkan oleh siswa SD atau yang setingkat.

Kategori Student, SMP

Semua karya inovasi TIK yang dihasilkan oleh siswa SMP atau yang setingkat.

Kategori Student, SMA/SMK

Semua karya inovasi TIK yang dihasilkan oleh siswa SMA atau yang setingkat.

Kategori Student, Perguruan Tinggi, Application

Semua karya inovasi TIK yang dihasilkan oleh mahasiswa perguruan tinggi atau yang setingkat.

Kategori Student, Perguruan Tinggi, Creative on New Media

Karya kreatif TIK berupa aplikasi dan/atau konten digital yang memberikan solusi penyampaian komunikasi secara interaktif dengan menggunakan nilai-nilai estetis, contohnya antara lain:
  • New Media: seperti internet art, interactive art technologies (misalnya: simulasi bioteknologi dan computer robotics)
  • Interactive Advertising, yaitu penggunaan interactive media online/offline sebuah brand/produk untuk berkomunikasi secara persuasif dan interaktif dengan konsumen
  • Animasi Digital

Applicative Robot: Pelajar / K12

Semua karya inovasi rancang bangun Robot Aplikatif yang dihasilkan oleh siswa K21 atau yang setingkat, dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau memodifikasi “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat sendiri program pengendalian robot sesuai dengan aplikasi yang dituju.

Applicative Robot: Perguruan Tinggi – Umum

Semua karya inovasi rancang bangun Robot Aplikatif yang dihasilkan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi dan/atau umum, dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau memodifikasi “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat sendiri program pengendalian robot sesuai dengan aplikasi yang dituju.

EXHIBITION: Green IT

Adalah ajang untuk mensosialisasikan peran TIK untuk menanggulangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim. Yang termasuk dikategori ini bisa berupa karya (produk/layanan) yang telah mengadopsi falsafah green seperti hemat energi, meminimalkan limbah yang tak ramah lingkungan, dan bisa berupa praktek pemanfaatan TIK untuk berbagai inisiatif penanggulangan dampak pemanasan global.

EXHIBITION: iTEEED (Indonesia Technology, Electronic, Entertainment, Education and Design)

Adalah sebuah ajang informal dimana pemakalah mempresentasikan ide, gagasan, maupun kemungkinan-kemungkinan solusinya (ide atau prototipe) terhadap masalah-masalah nyata maupun kurang nyata yang sedang dihadapi ataupun diramalkan akan dihadapi oleh umat manusia maupun suatu organisasi di Indonesia.
Topik makalah harus berhubungan dengan teknologi dan/atau elektronika dan/atau pendidikan dan/atau hiburan dan/atau desain.
Para calon pemakalah akan diseleksi berdasarkan abstrak/ringkasan dan materi presentasi dari makalah yang akan disampaikannya pada acara puncak Inaicta 2012.
Kriteria seleksi: inovasi, keunikan, kedalaman (significance)
Format dan template dari abstrak/ringkasan makalah dapat diunduh dari website Inaicta

Posting Komentar

0 Komentar