Telah kita ketahui bahwa tugas guru dalam proses pembelajaran meliputi tugas pedagogis dan administratif. Tugas pedagogis adalah membantu, membimbing dan memimpin siswa dalam realitas pembelajaran. Sedangkan tugas administratif guru berkaitan dengan penyiapan administrasi dalam proses pembelajaran seperti menyusun silabus, rencana pembelajaran, pengembangan materi, bahan ajar, alat, instrumen penilaian dan lainnya yang berupa dokumen (M. Saekhan Muchith, 2008 : 24).Kedua tugas guru tersebut harus dilakukan dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Bahkan sering dikatakan bahwa apabila persiapan administrasi guru lengkap dan baik, sepertiga tugas guru sudah berhasil.
Alat Peraga MEQIP
Menurut Sukayati, MEQIP (Mathematics Education Quality Improvement Program) adalah “Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Matematika”. Jadi suatu pola pembelajaran dalam pembelajaran matematika agar dapat meningkatkan mutu.
Alat peraga MEQIP merupakan pengembangan prototipe/bentuk asli alat peraga matematika Sekolah Dasar yang telah diujicobakan pada beberapa sekolah di beberapa Propinsi dan telah direview oleh pakar matematika dari beberapa Perguruan Tinggi. Pengembangan prototipe tersebut didasarkan pada nota kesepahaman antara Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar dengan Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika yang sekarang berubah menjadi Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika tanggal 23 September 2006, serta perjanjian kerja sama antara kedua lembaga tersebut dengan nomor : 1161/ C2/ LL/ 2006 dan 013/ F8/ LL.a/ 2006 tentang Peningkatan Mutu Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.
Sesuai dengan pola MEQIP pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah berorientasi pada siswa. Peran guru bergeser dari menentukan “apa yang akan dipelajari” ke “bagaimana menyediakan dan memperkaya pengalaman belajar siswa”. Pengalaman belajar diperoleh melalui serangkaian kegiatan untuk mengeksplorasi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan nara sumber lain. Kegiatan pembelajaran MEQIP dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti mempraktekkan penggunaan alat peraga, membandingkan, menyusun, Penggalian Informasi Mandiri, menemukan rumus, menyimpulkan pengamatan, penelitian, diskusi.
0 Komentar