
Selain asas dan prinsip-prinsip Quantum Teaching mempunyai kerangla rancangan belajar yang dijadikan pedoman oleh seorang Quantum Teaching ( guru ) yang dikenal dengan TANDUR ( Porter, 2003:10 ). Dibawah ini adalah tinjauan mengeni TANDUR dan maknanya :
tumbuhan, tumbuhkan minat pada setiap siswa bahwa siswa mempelajari sesuatu yang bermanfaat;
alami, memberikan pengalaman baru atau hal baru yang nantinya siswa semangat untuk mempelajari;
namai, beri siswa cara atau tehnik supaya mereka tidak mengalami hambatan dalam belajar, sediakan kata kunci, strategi, ketrampilan belajar;
Demontrasi, berikan kesempatan supaya siswa bisa menunjukkan bahwa mereka tahu dan faham.
ulangi, agar siswa lebih faham ulangi materi yang telah diajarkan sampai siswa menegaskan pada dirinya;” aku tahu bahwa aku memang tahu “
rayakan, pengakuan untuk penyelesaian, partisipasim dan memperoleh ketrampilan dan ilmu pengetahuan.
4.Langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching
Langkah-langkah dalam model pembelajaran ini merupakan model Quantum Teaching ada tiga komponen yang nantinya oleh peneliti digunakan sebagai indikator penelitian, yaitu sebagai berikut :
Menata panggung belajar
presentasi isi
tehnik accelerated learning ( Pemercepatan belajar )
Berdasarkan hal ini perlu rancangn pengajaran untuk memudahkan proses penyampaian informasi yang harus dibuat oleh guru berdasarkan kerangka rancangan belajar Quantum Teaching yang disebut “ TANDUR “Menurut Soetomo ( 1993:37-38 ) , menyatakan bahwa struktur dala proses belajar mengajar dibagi tiga bagian, yaitu :
bagian pendahuluan
bagian inti ( pelaksanaan program )
bagian penutup
0 Komentar