QuantumTeaching adalah pendekatan proses belajar yang dapat mempertajam proses pemahaman dan daya ingat,serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Model pembelajaran Quantum Teaching menekankan pada tehnik meningkatkan kemampuan diri dan prose penyadaran akan potensi yang dimiliki. Porter ( 2003:6 ) menyatakan bahwa asas utama Quantum Teaching adalah “ Bawalah dunia mereka ke dunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka “. Inilah asas utama alasan dasar di batik strategi, model, dan keyakinan Quantum Teaching.
Selain asas dan prinsip-prinsip Quantum Teaching mempunyai kerangla rancangan belajar yang dijadikan pedoman oleh seorang Quantum Teaching ( guru ) yang dikenal dengan TANDUR ( Porter, 2003:10 ). Dibawah ini adalah tinjauan mengeni TANDUR dan maknanya :
tumbuhan, tumbuhkan minat pada setiap siswa bahwa siswa mempelajari sesuatu yang bermanfaat;
alami, memberikan pengalaman baru atau hal baru yang nantinya siswa semangat untuk mempelajari;
namai, beri siswa cara atau tehnik supaya mereka tidak mengalami hambatan dalam belajar, sediakan kata kunci, strategi, ketrampilan belajar;
Demontrasi, berikan kesempatan supaya siswa bisa menunjukkan bahwa mereka tahu dan faham.
ulangi, agar siswa lebih faham ulangi materi yang telah diajarkan sampai siswa menegaskan pada dirinya;” aku tahu bahwa aku memang tahu “
rayakan, pengakuan untuk penyelesaian, partisipasim dan memperoleh ketrampilan dan ilmu pengetahuan.
4.Langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching
Langkah-langkah dalam model pembelajaran ini merupakan model Quantum Teaching ada tiga komponen yang nantinya oleh peneliti digunakan sebagai indikator penelitian, yaitu sebagai berikut :
Menata panggung belajar
presentasi isi
tehnik accelerated learning ( Pemercepatan belajar )
Berdasarkan hal ini perlu rancangn pengajaran untuk memudahkan proses penyampaian informasi yang harus dibuat oleh guru berdasarkan kerangka rancangan belajar Quantum Teaching yang disebut “ TANDUR “Menurut Soetomo ( 1993:37-38 ) , menyatakan bahwa struktur dala proses belajar mengajar dibagi tiga bagian, yaitu :
bagian pendahuluan
bagian inti ( pelaksanaan program )
bagian penutup
Selain asas dan prinsip-prinsip Quantum Teaching mempunyai kerangla rancangan belajar yang dijadikan pedoman oleh seorang Quantum Teaching ( guru ) yang dikenal dengan TANDUR ( Porter, 2003:10 ). Dibawah ini adalah tinjauan mengeni TANDUR dan maknanya :
tumbuhan, tumbuhkan minat pada setiap siswa bahwa siswa mempelajari sesuatu yang bermanfaat;
alami, memberikan pengalaman baru atau hal baru yang nantinya siswa semangat untuk mempelajari;
namai, beri siswa cara atau tehnik supaya mereka tidak mengalami hambatan dalam belajar, sediakan kata kunci, strategi, ketrampilan belajar;
Demontrasi, berikan kesempatan supaya siswa bisa menunjukkan bahwa mereka tahu dan faham.
ulangi, agar siswa lebih faham ulangi materi yang telah diajarkan sampai siswa menegaskan pada dirinya;” aku tahu bahwa aku memang tahu “
rayakan, pengakuan untuk penyelesaian, partisipasim dan memperoleh ketrampilan dan ilmu pengetahuan.
4.Langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching
Langkah-langkah dalam model pembelajaran ini merupakan model Quantum Teaching ada tiga komponen yang nantinya oleh peneliti digunakan sebagai indikator penelitian, yaitu sebagai berikut :
Menata panggung belajar
presentasi isi
tehnik accelerated learning ( Pemercepatan belajar )
Berdasarkan hal ini perlu rancangn pengajaran untuk memudahkan proses penyampaian informasi yang harus dibuat oleh guru berdasarkan kerangka rancangan belajar Quantum Teaching yang disebut “ TANDUR “Menurut Soetomo ( 1993:37-38 ) , menyatakan bahwa struktur dala proses belajar mengajar dibagi tiga bagian, yaitu :
bagian pendahuluan
bagian inti ( pelaksanaan program )
bagian penutup
0 Komentar